Kerak dan ketombe di kulit kepala,  berdasarkan pengalaman saya pribadi, pada awalnya  memang cukup sulit dibersihkan. Tapi, akhirnya saya menemukan cara untuk membersihkan kerak pada kulit kepala bayi. Bahan-bahannya pun mudah sekali.  Waktu pembersihannya pun bisa dengan kegiatan lain. 

 

Ketika bayi saya berumur 4 bulan,mulai terlihat kerak di hampir seluruh bagian kulit kepalanya. Di kanan kiri telinga,bagian atas,ubun-ubun. Awalnya saya tidak mau mencukur rambut bayi saya,karena sayang dengan rambutnya yang tebal menggemaskan. Moms juga tidak sih? Kita ibu-ibu sayang melihat rambut anak yang tebal dan panjang.Apalagi suami saya yang sangat pingin anak perempuan, Ketika si bayi lahir dengan rambut tebal,dia orang pertama yang melarang untuk cukur rambut. 

 

Balik ke kerak kepala ya Moms, Jadi di usia 4 bulan saya putuskan untuk membersihkannya dengan cotton bud yang ditetesi baby oil. Dimulai dari bagian telinga kanan kiri,cukup mudah terangkat. Tetapi ternyata keraknya menempel di rambut yang malah menjadi masalah baru. Akhirnya setelah dibersihkan saya sisiri rambutnya pelan-pelan. Dan lagi ditambah kerak dikulit kepala bayi saya,ternyata paling banyak di daerah ubun-ubun yang makin sulit dibersihkan. Di Usia 5 bulan,saya memutuskan mencukur rambut anak saya. Karena tidak tega melihat bayi saya menggaruk-garuk kepalanya seperti merasa sangat gatal. Setelah dicukur,saya dan keluarga kaget! Ternyata masih banyak sekali kerak dikulit kepala bayi saya terutama di area ubun-ubun. 

 

Cukup mudah kok,  Mom membersihkannya. Mom cukup sediakan : cotton bud dan  baby oil Posisi cotton bud saat membersihkan agak menyerong ya,  Mom. Nah untuk waktunya biasanya saya membersihkannya di pagi hari sambil berjemur dan sebelum mandi. Karena keringat saat berjemur, saya rasa juga sangat membantu untuk kerak kepala terangkat lebih mudah. Setelah kerak kepalanya terangkat bisa kita bilas ketika mandi. Oh ya mom,untuk bagian ubun-ubun tidak saya bersihkan. Karena rasanya terlalu berisiko kalau kita memegang-megang area tersebut. Jadi saya membiarkannya dan hanya memakaikan shampo pada bayi saat mandi lalu dibilas hingga bersih. Terbukti keraknya hilang sendiri di usia 6 bulan. 

 

Nah yang saya sadari setelah rambutnya dicukur dan dibersihkan kerak kepalanya, bayi menjadi tenang tidurnya. Mungkin adem kali ya Moms kepalanya. Atau mungkin kebetulan saja? Menurut ,oms gimana? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya Moms.