Menjaga kebersihan diri merupakan hal yang penting diterapkan sedini mungkin,  bahkan pada bayi sekalipun. Membiasakan si Kecil menjaga kebersihan diri adalah hal yang menantang. Membiasakan si Kecil untuk mandi atau keramas setiap hari mungkin bukan hal yang sulit ya, Moms. Berbeda dengan menyikat gigi membersihkan area mulut bayi yang butuh perhatian lebih dari Moms. 

Kebersihan area mulut dan gigi penting diperhatikan mengingat fungsi utama dari gigi adalah untuk membantu melumatkan makanan, sehingga lebih mudah diproses dan banyak gerakan oromotor yang akan dilatih. 

Ketika anak mulai belajar mengunyah

Gigi susu atau  gigi pertamanya tumbuh sebelum akhirnya tanggal digantikan oleh gigi dewasa yang permanen. Pada fase ini yang sering menjadi pertanyaan banyak Moms adalah bagaimana teknik menjaga kesehatan mulut dan gigi si Kecil ? Berikut adalah beberapa tip yang bisa Moms terapkan: 

Biasakan dari bayi baru lahir

Meski saat baru lahir bayi belum memiliki gigi untuk dibersihkan, namun sebaiknya Moms sudah mulai membersihkan area mulut bayi. Selain untuk menjaga kebersihan,  Moms bisa mendapatkan manfaat lain,  seperti kenyamanan si Kecil. Bayi yang sudah diperkenalkan dengan teknik membersihkan area mulut biasanya akan lebih tenang dan senang jika diperkenalkan dengan sikat gigi nantinya. Caa membersihkan area mulut bayi cukup simpel Moms,  gunakan kain kasa yang sudah di basahi dengan air hangat kemudian bersihkan area sekitar mulut, gusi hingga lidah si Kecil.

Gunakan sikat gigi sesuai usia 

Di zaman modern seperti sekarang ini, tidak akan sulit menemukan peralatan yang diperuntukkan bagi bayi, termasuk sikat gigi. Moms bisa memilih sikat gigi yang sesuai dengan usia dan kemampuan si Kecil. Mulailah mengenalkan sikat gigi pada usia 6 bulan atau lebih awal jika giginya tumbuh lebih cepat. Moms juga bisa menggunakan pasta gigi yang formulanya disesuaikan dengan usia si Kecil.

Jangan lupa ke dokter gigi 

Ketika Moms membaca tip ketiga ini maka kemungkinan Moms akan sedikit bingung mengenai tujuan datang ke dokter gigi. Walaupun Moms sudah menyikat gigi dan membersihkan hingga lidah si Kecil,  tetapi dokter gigi akan memeriksa lebih detail mengenai kesehatan mulut, gigi hingga gusi si Kecil, sehingga jika terjadi gangguan pada kesehatan mulutnya bisa segera diatasi.