Alpukat  merupakan salah satu buah yang populer. Tak hanya karena rasanya, tapi juga kandungan nutrisinya yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Setidaknya ada 10 manfaat alpukat untuk tubuh, yaitu: 

  1. Menyehatkan jantung 
  2. Melindungi mata 
  3. Memperkuat tulang 
  4. Mengurangi risiko kanker
  5. Membantu menurunkan berat badan 
  6. Menurunkan risiko depresi 
  7. Nutrisi untuk kehamilan 
  8. Melindungi otak 
  9. Perawatan kulit 
  10. Menurunkan risiko penyakit kronis. 

Pada dasarnya, alpukat aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Namun, pada orang-orang yang memiliki sindrom iritasi usus,  sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi buah ini karena berpotensi menimbulkan masalah pencernaan, seperti diare, kembung, perut bergas, kram perut, dan sembelit. 

Selain itu, mengingat kandungan alpukat yang kaya akan lemak, mengonsumsinya secara berlebihan dalam jangka panjang dapat meningkatkan berat badan. Oleh karena itu, pastikan Moms menyesuaikan asupan alpukat dengan aktivitas harian dan kebutuhan kalori harian Moms. 

Memilih alpukat untuk dikonsumsi gampang-gampang susah, Moms. Karena tingkat kematangan buah ini kadang sulit ditebak. Salah pilih alpukat, bisa-bisa Moms mendapat daging buah yang masih keras dan terasa pahit di lidah. Agar tak salah pilih, simak cara memilih alpukat yang matang dan siap disantap berikut ini : 

  • Hindari kulit buah yang berwarna hijau cerah
    Kulit buah yang berwarna hijau cerah menandakan alpukat belum matang. Pilihlah buah dengan warna yang hijau gelap karena berarti sudah diperam dan kemungkinan sudah matang.
  • Tekstur buah
    Salah satu tanda buah yang sudah matang adalah tekstur buah yang sudah empuk. Cara mengetahuinya, coba tekan daging buahnya. Bila sudah empuk artinya alpukat sudah matang dan siap disantap.
  • Kupas kulit buah
    Jika kulit buah mudah dikupas berarti buah ini sudah matang.
  • Biji buah
    Biji buah yang matang akan terlepas dari daging buahnya dan tidak menempel. Bagaimana cara mengetahui apakah biji buah menempel atau tidak, tanpa memotong buahnya lebih dulu? Goyangkan saja buahnya, jika biji buah tidak menempel biasanya akan terdengar bunyi biji di dalam buahnya. Selain itu buah matang juga akan terasa lebih ringan dibanding yang masih mentah.
  • Bagian bawah buah 

Ketika memilih alpukat, cobalah untuk memperhatikan bagian bawah, tempat tumbuhnya bagian batang alpukat. Jika masih ada sedikit sisa batang buah, petik saja batang ini dan teliti bagian dalam buah melalui "lubang" yang ditinggalkan. Jika lubang ini sudah berwarna hijau, artinya alpukat sudah matang. Kalau masih berwarna coklat, maka alpukat belum matang. Semoga bermanfaat ya Moms.