Tak terasa sudah di penghujung tahun 2020, sebentar lagi memasuki 2021. Sederet rencana untuk liburan akhir tahun terpaksa harus dibatalkan demi keselamatan bersama karena situasi saat ini yang masih pandemi COVID-19,  sehingga terjadi perubahan cuti akhir tahun. Tapi tenang saja Moms, tidak perlu gundah gulana,  kita masih bisa menikmati liburan akhir tahun bersama keluarga tercinta di rumah aja. Berikut ini beberapa ide liburan akhir tahun di rumah bersama keluarga tercinta : 

Pesta barbeque 

Pesta barbeque masih menjadi andalan saat berkumpul dengan keluarga atau teman teman terdekat. Banyak restoran yang menyediakan paket barbeque dengan beragam pilihan menu. Mulai dari beef, seafood, sosis, ayam dsb. 

Untuk tetap menjaga kesehatan setelah menyantap barbeque, Moms bisa mengikuti tip berikut ini : 

  • Selalu bersihkan alat panggangan
  • Hindari daging olahan
  • Cek suhu daging
  • Hindari pemanggang hingga gosong
  • Pilih ikan yang segar
  • Gunakan bumbu marinasi homemade
  • Bolak balik daging 

Tip terakhir, biar hemat kantong kita bisa memesan paket barbeque dari restoran ternama dengan aplikasi ojek online menggunakan voucher diskon. 

Steamboat di rumah 

Akhir tahun biasanya identik dengan hujan,  untuk itu menyantap steamboat di rumah bersama keluarga tercinta merupakan pilihan yang tepat,  terlebih bagi Moms pecinta makanan berkuah dengan isi yang beraneka ragam, dari sayur, bakso, daging hingga tofu. 

Pesta kembang api 

Memasuki awal bulan Desember biasanya sudah banyak orang yang menawarkan atau menjajakan kembang api di pinggir jalan. Kembang api memang indah,  tapi perlu diingat bahwa bahan dasar kembang api adalah peledak dan harus dinyalakan dengan api yang panas. Jika tidak hati-hati,  api panas atau bahan kembang api akan melukai kita. Untuk itu sebelum melakukan pesta kembang api di rumah perhatikan hal berikut ini :

  •  Jangan menaruh kembang api di dalam karung pakaian . Gaya gesekan di pakaian dan gerakan kita mungkin akan membuat kembang api menyala tanpa sengaja.
  • Setelah selesai bermain jangan lupa sediakan ember berisi air lalu masukkan bekas kembang api untuk memastikan apinya sudah mati.

Menonton serial dan film favorit 

Selagi ada waktu libur jangan sia-sia kan untuk menonton serial atau film favorit. Jangan lupa juga untuk menyiapkan beberapa snack dan makanan pendukungnya. Nonton serial merupakan  pilihan yang bikin fresh dan relaks, setelah setahun belakangan Moms berkutat dengan kesibukan.

Piknik di halaman rumah 

Kalau biasanya piknik dilakukan di taman atau kawasan wisata dengan pemandangan alam yang indah, nah saat pandemi yang mengharuskan kita di rumah saja,  bisa dilakukan piknik di halaman rumah. Cukup sediakan alas untuk duduk santai serta bawa cemilan, makanan dan minuman,  serta buku favoirt. Kegiatan piknik ini dinilai bisa mengurangi rasa bosan saat liburan akhir tahun di rumah aja. 

Itulah beberapa Ide liburan di rumah yang dapat Moms lakukan bersama keluarga tercinta . Secara tidak langsung juga ide liburannya membuat timbangan bergeser ke kanan ya Moms karena makanan semua isinya hihihi. Selamat berlibur dan  jangan lupa tetap atuhi protokol kesehatan.