Tanaman hias yang berwarna-warni akan membuat rumah tampak lebih asri dan sejuk. Maka itu,  tak ada salahnya bila Moms mulai mempercantik rumah dengan tanaman hias. Namun, sebelum mulai menanam tanaman hias ada baiknya Moms mengetahui jenis-jenis tanaman hias. Ada beragam jenis tanaman hias dan tidak semuanya cocok ditanam di rumah. Bagi pemula, ada baiknya memilih tanaman yang mudah dalam perawatannya. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis tanaman hias yang mudah Moms rawat : 

Lidah Mertua 

Lidah mertua adalah tanaman yang memiliki tampilan yang unik. Untuk perawatannya pun tidak sulit dan sangat praktis. Karena itu tidak heran jika tanaman yang disebut dengan snake plant ini digemari oleh banyak orang. Moms bisa menanamnya di dalam pot dan meletakkannya di salah satu sudut untuk mempercantik ruangan. 

Kamboja Jepang 

Kamboja Jepang atau yang juga dikenal dengan Adenium ini adalah tanaman yang memiliki bunga berwarna pink campuran putih. Berbeda dengan jenis kamboja yang sering kita temui di kuburan, Adenium memiliki bentuk yang lebih kecil dan bisa ditanam dalam pot. Selain warna bunganya yang cantik, tanaman hias ini juga tahan akan panas dan tetap tumbuh walau tidak dirawat dengan baik.

Sirih Belanda 

Sirih Belanda paling cocok untuk ditanam dalam pot gantung. Sirih Belanda atau Sirih Gading ini sangat praktis perawatannya. Moms hanya perlu menyiapkan tanah atau air saja sebagai media tanamnya. Karena sangat mudah dalam perawatannya, sirih gading jadi tanaman hias favorit di rumah. . 

Pakis Gunung 

Pakis gunung atau paku-pakuan memiliki banyak jenis, yang paling populer untuk dijadikan tanaman interior adalah pakis gunung. Cara merawat pakis gunung sendiri cukup mudah yaitu, perhatikan saja kelembapan tanahnya dan letakkan di dekat jendela yang terkena sinar matahari langsung. 

Lidah Buaya 

Tanaman dengan daging daun yang tebal serta sedikit duri  di pinggirnya ini bisa diletakkan di dalam rumah atau di pekarangan. Untuk perawatannya sendiri cukup dengan menyiramnya  secara berkala. Tipnya, tunggu tanahnya  kering sebelum disiram dengan air. Pemberian pupuk untuk lidah buaya bisa dilakukan setahun sekali. 

Setelah tahu jenis tanaman hiasnya, berikutnya adalah tip dalam memilih tanaman hias. Beberapa hal ini perlu Moms pertimbangkan: 

  • Pilihlah tanaman hias yang sedang tren
  • Pilihlah tanaman yang tak lekang oleh waktu seperti sukulen
  • Sesuaikan pula jenis tanaman dengan kondisi cahaya matahari di rumah, pahami terlebih dahulu sirkulasi udara dan cahaya matahari di rumah.