Berdasarkan dari pengalaman, ternyata tidak semua jenis buah, sayur maupun bahan makanan akan bertahan awet jika masuk kulkas. Ya, kulkas memang didesain untuk mengawetkan makanan atau membuat buah sayur segar lebih lama. Tapi untuk beberapa jenis tertentu, lebih baik tidak dimasukkan ke dalam kulkas. Jadi setiap habis belanja mingguan untuk stok memasak, saya akan memisahkan beberapa buah sayur dan bahan makanan lain, mana yang harus masuk kulkas, mana yang tidak. Ada pun untuk jenisnya adalah sebagai berikut: 

Aneka bawang 

Kalau untuk bawang putih, merah, bombay lebih baik taro di suhu ruang, yang kering dan hindari sinar matahari. Karena kalau di suhu yang lembap, bawang akan mengeluarkan tunas. Sedangkan jika di dalam kulkas, lapisan bawang akan rusak dan bawang akan menjadi cepat lembek 

Pisang 

Jika beli pisang lebih baik letakkan atau gantung di paku. Biasanya saya beli pisang setengah matang jadi satu sisir bisa untuk 2-3 hari. Pisang tidak baik masuk ke kulkas karena bisa mempercepat penghitaman kulitnya . 

Kacang Kacangan 

Terkadang saya suka stok kacang merah kering untuk rendang atau sayur, kacang hijau untuk bubur serta selalu stok kacang tanah buat bikin sambal kacang / karedok / campuran masak teri. Biasanya saya simpan di toples kedap udara, biar tidak disemutin dan tahan lama. Kalau masuk kulkas bisa cepat bertunas, apalagi kalau kacang merah setengah kering, seminggu aja tunasnya sudah cukup panjang. 

Alpukat 

Pernah sekali beli alpukat setengah matang, saya masukkan ke dalam kulkas, akhirnya busuk dan tidak termakan,  sayang sekali. Setelah itu kalau beli alpukat, saya letakkan begitu saja di saringan buah atau jika mau cepat matang bisa letakkan di tempat beras. 

Minyak / Margarin / Butter 

Jangan sesekali memasukkan minyak margarin atau butter ke dalam kulkas karena lemak akan membeku. Lebih baik memasukkan ke dalam  botol untuk minyak, margarin dan buttet bisa diletakkan di dalam toples kedap udara agar terhindar dari semut. 

Roti / Bolu 

Kalau Moms nyetok roti atau bolu, lebih baik letakkan saja di luar atau masukkan ke dalam wadah kedap udara, karena jika Moms salah penyimpanan dengan memasukkan ke dalam kulkas, roti dan bolu Moms akan kaku. Ini aku sering banget kelupaan, meletaakn bolu di kulkas dan hasilnya bolu tidak bisa dimakan karena keras. 

Begitulah kira kira buah sayur atau bahan makanan yang sebaiknya disimpan di suhu ruang, jangan sampai salah penyimpanan ya Moms, karena jika kita salah, yang ada mubazir, sayang enggak kemakan malah jadi kebuang. Satu hal lagi, kalau bisa belilah bahan makanan secukupnya saja biar cepat ganti yang baru sehingga stok Moms selalu segar.