Setelah menjalani rutinitas yang panjang dan melelahkan, stres menjadi tak terelakkan. Rata-rata orang dewasa merasa stres selama dua jam sebelas menit dalam sehari, sama dengan 5,5 tahun seumur hidup. Cara menghilangkan stress umumnya dengan berjalan kaki di taman atau menonton film. Namun, tahukah Moms bahwa bersih-bersih rumah juga dapat menghilangkan stress?

Penelitian dari Kärcher menemukan bahwa 6 dari 10 di antara 2000 orang dewasa yang disurvei merasa bahwa rumah yang bersih dan rapi otomatis membuat mereka merasa lebih tenang dan mengurangi stres. Dalam waktu 13 menit setelah mulai bekerja, perasaannya menjadi lebih tenang. Mencuci piring menjadi pekerjaan yang paling efektif menghilangkan stres, diikuti dengan menyedot debu, dan mencuci pakaian. Menurut Jack Sweeney, salah satu peneliti, sama halnya dengan membaca dan mendengarkan musik, membersihkan rumah tidak hanya membuat Moms puas dengan hasilnya, tetapi juga menenangkan saat duduk di ruangan yang bersih dan rapi.

Menariknya, 4 dari 10 orang tersebut mengaku bahwa rumah yang kotor dan berantakan sering menjadi penyebab stres, mendukung teori di atas, rumah yang terpelihara “mengangkat” rasa stres. Selain itu, proses membersihkan rumah juga dapat menjadi faktor penghilang stres dan manfaat lainnya yang tak kalah penting, lho Moms. 

Bersih-bersih membantu pikiran dari “kekacauan”

Umumnya penyebab stres adalah kekacauan, baik itu di rumah maupun di dalam pikiran Moms. Jika keduanya terjadi bersamaan, rasanya kepala seperti mau pecah. Masuk ke rumah dengan tumpukan di sana-sini, perkakas berserakan di lantai, inilah mimpi buruk. Mengatur kembali rumah agar tertata setidaknya mengurangi setengah beban pikiran Moms. Terlalu banyak yang berantakan di dalam hidup dapat membuat Moms stres.

Berhemat

Rumah yang bersih dan rapi sadar tak sadar membuat Moms lebih hemat. Moms tidak perlu memesan makanan di luar karena dapur bersih, bahan makanan lengkap, sehingga membuat nyaman saat memasak. Benda-benda di rumah pun lebih awet karena disimpan dengan baik. Setidaknya, stres akibat finansial dapat teratasi dengan hidup yang lebih teratur.

Bersih-bersih sebagai latihan bersyukur

Menjadikan momen bersih-bersih sebagai ungkapan rasa syukur dapat melapangkan dada dan meringankan kepala, Moms. Hal-hal kecil yang Moms temukan di rumah yang sebelumnya luput begitu saja dapat diapresiasi dan membuat perasaan lebih damai. Begitu rumah rapi, Moms pun semakin bersyukur.

Bersih-bersih sebagai metode meditasi

Hasil akhir beberes rumah—bersih dan rapi—dapat menjadi penghilang stres, begitu pula selama bersih-bersih berlangsung, sekaligus dapat menjadi teknik mengelola stres yang efektif. Jika Moms melakukannya dengan fokus dan penuh perhatian, pekerjaan ini juga sebagai bentuk meditasi, dan membuat Moms lebih santai.

Bersih-bersih sebagai olahraga

Naik-turun tangga, mengangkat kotak, keluar-masuk kamar, membersihkan jendela dan lantai dapat menjadi sarana untuk membakar kalori, melepaskan endorfin (hormon yang membuat bahagia), dan melepaskan kepenatan.