Cintai bumi, kurangi sampah. Slogan tersebut mungkin sering Moms dengar. Tetapi apakah Moms sudah menerapkan untuk "hemat produksi sampah" di rumah ? Hemat produksi sampah di sini adalah suatu kegiatan pengurangan produksi sampah bisa dilakukan secara sederhana di rumah atau bahkan secara swadaya bersama sama dengan masyarakat lingkungan sekitar Moms. Masalahnya, tidak semua dari kita memiliki waktu luang untuk aktif di komunitas pecinta lingkungan. Tidak usah berkecil hati, Moms. Kita bisa membantu pemerintah dan tetap mencintai bumi walau dari rumah aja. Berikut adalah beberapa tip sederhana untuk menghemat produksi sampah :

Bawa tas Belanja 

Bawa tas belanja, sederhana bukan?  Tetapi coba bayangkan jika setiap orang memakai satu tas belanja plastik ketika berbelanja. Dengan membawa totebag sendiri Moms akan membantu mengurangi banyak sekali tas plastik sekali pakai yang akan mengotori bumi kita. 

Bawa botol minum sendiri 

Selain dalam program cinta lingkungan, membawa botol minum sendiri juga jauh lebih hemat dan sehat. Menggunakan botol minum sendiri akan mengurangi produksi sampah dari botol minum sekali pakai, yang selain tidak bisa digunakan lebih dari sekali, juga akan mengganggu kebersihan lingkungan. 

Kurangi sedotan plastik 

Sedotan plastik memang terlihat kecil tetapi tahukah Moms, sedotan plastik ini sangat mengganggu ekosistem, tidak hanya di darat juga di lautan. Mungkin Moms pernah membaca berita seekor penyu yang mati dengan sedotan plastik di hidungnya, kasihan sekali kan, Moms. Yuk,  beralih ke sedotan stainless steel atau tidak perlu sedotan, Moms bisa minum langsung dari gelas.

Buat bekal sendiri dan habiskan makanan

Buat bekal sendiri selain hemat dan sehat juga membantu mengurangi produksi sampah lho, Moms. Dengan membawa tempat makan sendiri akan mengurangi produksi sampah yang biasanya digunakan untuk membungkus makanan seperti sampah dari plastik, hingga styrofoam yang terkenal sangat susah terurai. Habiskan makanan juga merupakan langkah bagus untuk pengurangan sampah makanan. 

Belajar untuk melakukan daur ulang sampah 

Bingung dengan tumpukan sampah? Yuk lakukan daur ulang sampah. Belajar untuk melakukan daur ulang selain menekan produksi sampah juga melatih kreativitas serta menghemat pengeluaran, seperti mengolah bungkus kopi Instan menjadi tas, hingga barang unik lainnya.

Bagaimana Moms? Mudah kan. Yuk, mulai hemat produksi sampah mulai dari rumah aja.