Masker wajah atau face mask, kini banyak sekali macamnya, dari mulai berbentuk pasta hingga lembaran tisu yang ditempelkan pada wajah. Masker wajah ini biasanya terbuat dari berbagai bahan, salah satunya dari sayur-sayuran. 

Sayuran seperti bahan pengobatan alami yang memiliki efek kesehatan bagi tubuh dan kulit. Moms tentunya sudah tahu bahwa sayuran merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya itu,  sayuran juga bagus untuk merawat kecantikan kulit. Sejak dulu, sayuran kerap digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti memerangi jerawat, hingga mencegah tanda-tanda penuaan. 

Nah, sayuran tertentu biasa dimanfaatkan untuk mempercantik kulit. Tomat misalnya, yang biasa digunakan sebagai masker wajah. Bagi Moms yang ingin mencoba membuat masker wajah dari tomat, ikuti langkah-langkah berikut ini, ya. 

Masker Tomat

Bahan: 

Beberapa buah tomat 

1 sdt air perasan lemon 

Bubuk cendana secukupnya 

Cara membuat: 

  1. Haluskan tomat. 
  2. Campurkan semua bahan dalam satu mangkuk. 
  3. Aduk rata dan oleskan pada wajah dan leher. Biarkan kering dan bilas dengan air dingin. 

Masker Timun 

Timun memiliki kandungan antioksidan yang kaya serta memiliki sifat anti inflamasi sehingga masker timun dapat membantu meredakan jenis kulit sensitif yang meradang dan sedang terasa perih menyengat. 

Bahan:

 1 sdm madu 

1 sdm oatmeal 

1 buah mentimun 

Cara membuat: 

  1. Potong dan haluskan timun, setelah itu tambahkan oatmeal dan madu. 
  2. Aduk rata hingga membentuk pasta. 
  3. Oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit.
  4. Bilas dengan air dingin. 

Masker Buah Bit 

Buah Bit adalah sejenis umbi yang masuk dalam kelas Beta vulgaris dan termasuk dalam subspesies vulgaris Conditiva. Bit memiliki banyak vitamin dan mineral, dan antioksidan yang membantu memberi nutrisi pada kulit, meremajakannya dan juga membantu mengalahkan radikal bebas. Untuk masker wajah ini, Anda harus menyiapkan beberapa bahan:: 

1 buah (umbi) bit besar yang dilumatkan 

1 sdt madu 

1 sdt air jeruk nipis 

Cara membuat dan penggunaannya: 

Pertama-tama, campur madu dan jus jeruk nipis dalam sebuah mangkuk. Kemudian tambahkan umbi bit yang telah dilumatkan, campur selama satu menit. Simpan campuran pasta ini di dalam lemari es selama 10 menit.  

Untuk proses aplikasi pada wajah, cukup oleskan masker tersebut di wajah, kecuali mata dan bibir. Tutupi wajah dengan handuk kertas, dan biarkan selama setengah jam. Setelah itu, lepaskan handuk kertas dari wajah dan sisa-sisa masker. Cuci muka dengan air hangat atau air mawar, lalu lap wajah dengan handuk. 

Ini adalah masker wajah yang bisa menciptakan keajaiban untuk jenis kulit normal sampai kering. Perawatan wajah ini bisa dilakukan sekali dalam sepuluh hari untuk mendapatkan hasil terbaik.