Me Time adalah waktu untuk melakukan kegiatan sendirian tanpa kehadiran orang lain (bahkan tidak melakukan kegiatan apa pun). Menurut Treadway (1998), keterkaitan dan hubungan yang positif dengan diri sendiri, orang lain, dan juga lingkungan bisa menjadi “obat” bagi stres dan kecemasan yang sering dialami oleh manusia. 

Jadi Moms, sesibuk apa pun seseorang, ia harus tetap bisa meluangkan waktu untuk dirinya sendiri, alias memiliki “Me-Time”.

Biasanya saya menyempatkan untuk ‘me time’ saat tubuh terasa lelah, bahkan stres dengan kerjaan kantor, rumah bahkan anak. Saya selalu minta suami untuk menjaga Alicia saat saya ingin me time. Beruntungnya, saya memiliki suami yang mengerti betapa pentingnya ‘me time’ untuk kesehatan mental dan jiwa saya. Saat ‘me time’, biasanya saya melakukan kegiatan ini: 

Maskeran 

Maskeran adalah ‘ritual’ memanjakan diri yang digemari banyak Moms. Begitu pun dengan saya. Maskeran membuat saya tenang dengan mencium aroma khas masker, terlebih lagi kegiatan ini membuat kulit wajah saya menjadi lebih lembap  dan kencang. 

Ratus vagina 

Ratus vagina adalah perawatan vagina tradisional dengan cara pengasapan langsung di organ intim Moms. Asap tersebut dihasilkan dari pembakaran ramuan berbagai macam rempah alami, mulai dari bunga mawar hingga kayu secang. Saya biasa beli rempahnya di toko daring. Caranya gampang Moms, rebus saja rempah-rempahnya lalu letakkan di dalam ember. Kemudian, letakan ember di bawah kursi bakso/bulat yang ada bolongan di tengah. Bila suhu sudah sesuai, Moms duduk dengan posisi miss v terbuka sambil ditutupi pakai sarung. Durasi ratus ini sekitar 30 menit. Biasanya saya lakukan setelah haid selesai. Selain untuk diri sendiri, perawatan ini juga bisa menyenangkan Dads, lho Moms. 

Nonton drama Korea korea 

Drama korea sudah jadi favorit saya sejak zaman SMP dulu, apalagi aktornya Lee min ho, Song jung ki dan Lee Jong suk. Kalau sudah sekali nonton, bisa tahan nonton marathon, tentunya  dengan syarat pekerjaan rumah sudah selesai, anak dan suami sudah kenyang jadi saya bisa asik menyalurkan hobi. Nonton drama korea ini moodbooster buat saya.

Belanja daring 

Belanja online ini sepertinya sudah jadi kebiasaan saya yang sulit dihindari, apalagi kalau lagi ‘me time’ atau lagi enggak ‘ngapa-ngapain’ jari ini suka tiba-tiba meluncur ke marketplace, pilah pilah, check out deh, he..he..he.. Apalagi pernak pernik anak perempuan banyak banget yang sayang kalau tidak dibeli, he..he..he.... 

Kira-kira itulah kegiatan ‘me time’ yang saya lakukan. Kegiatan yang bisa menaikkan mood saya. Dengan ‘me-time’, Moms akan mendapatkan banyak manfaat untuk diri sendiri.Jangan lupa ‘me time’ ya Moms, demi kesehatan jiwa Moms .