Beberapa minggu belakangan ini para Moms penikmat Drakor pasti tidak ketinggalan mengikuti serial MINE. Drama yang selalu menduduki rating tinggi ini bercerita tentang drama kehidupan di balik kemewahan hidup sebagai Crazy Rich Korean. Fokus sentral dalam ceritanya adalah dua wanita yang sama-sama berstatus sebagai menantu yang berasal dari latar berbeda. 

Menantu pertama dalam kisah ini adalah Jung Seo-hyun (diperankan Kim Seo-hyung). Ia juga seorang putri dari konglomerat Korea yang menikah dengan sang putra sulung konglomerat dari keluarga Hyowon, yaitu Han Jin-ho (diperankan Park Hyuk-kwon). Walaupun hubungan perkawinannya dingin,  Seo Hyun selalu berusaha agar suaminya bisa  menjadi pemimpin perusahaan. Sayangnya, suaminya lebih memilih terpuruk dengan alkohol dan perselingkuhan. Hidup Seo-hyun makin diuji saat ia tahu putra tirinya, Han Soo-hyuk (diperankan Cha Hak-yeon), punya hubungan khusus dengan asisten rumah tangganya, Kim Yu-yeon (diperankan Jeong E-suh).

Menantu kedua adalah Seo Hi-soo (diperankan Lee Bo-young). Ia adalah seorang mantan akris ternama di Korea yang menikah dengan anak bungsu Han Ji-yong (diperankan Lee Hyun-wook). Mereka tampak sebagai pasangan sempurna dan penuh cinta. Hi-soo menjadi ibu tiri yang sangat menyayangi putra tirinya, Han Ha-joon (diperankan Jung Hyeon-jun). Namun, semuanya berubah ketika guru privat baru Ha-joon yang bernama Kang Ja-kyeong atau Lee Hye Jin (diperankan Ok Ja-yeon) masuk ke dalam kehidupan mereka.

Drama ini menjadi dramatis karena bukan hanya sekadar memamerkan lifedata-style yang wow dari konglomerat Korea. Namun, memberikan pelajaran kehidupan penting untuk dipetik, khususnya mengenai pengasuhan anak. 

Uang bukan segalanya untuk kebahagiaan anak

Konglomerat Han Suk Chul (diperankan Joeng Dong Hwan) memiliki 3 anak. Anak pertama Han Jin-ho dan adik perempuannya, Han Jin Hee (diperan Kim Hye Wa) merupakan anak kandungnya dari perkawinan Han Suk Chul bersama Yang Soon Hye (diperankan Park Won Suk). Sedangkan Han Ji yong bukanlah anak kandungnya.  Melainkan anak dari selingkuhannya, Kim Mi Ja (diperankan Choi So Im). 

Han Suk Chul memberikan segalanya untuk para anak-anaknya agar hidup super nyaman, kecuali perhatian ayah  terhadap anak-anak. Sibuk bekerja tentunya menjadi alasan utama. 

Anak-anak tumbuh di bawah pengasuhan istrinya. Sayangnya. Yang Soon Hye juga tak bisa memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya. Hari demi hari ia hanya sibuk dengan pelampiasan dendam dan kegeraman pada kenyataan suaminya lebih mencintai selingkuhannya. 

Akibatnya, si sulung Han Jin Ho menjadi pribadi yang gagal dalam pendidikan maupun kehidupan. Ia tidak memiliki naluri sebagai pemimpin bahkan bagi dirinya sendiri. Sedangkan anak keduanya, menjadi sosok wanita supra egois dan temperamental. 

Luka batin anak berbekas hingga dewasa

Han Ji Yong  sesungguhnya anak dari Han Suk Chul dan Kim Mi Ja, selingkuhannya. Ia adalah anak dari  Kim Mi Ja  bersama pria lain. Tapi saking cinta kepada selingkuhannya, Han Suk Chul tetap mengangkat Han Ji Yong sebagai anaknya. 

Meski demikian, tetap saja ibu kandung Han Ji Yong ini merasa menyesal telah mengandung dan  melahirkannya. Sewaktu kecil, ia sering mendapat perlakuan yang kejam dari ibunya. Bahkan saat tidur, ia pernah dicekik karena ibunya merasa menyesal telah melahirkan dirinya. 

Di sisi lain, walaupun diakui sebagai anak, Han Ji Yong merasa Han Suk Chul pun  hanya menganggap dirinya sebagai anak di atas kertas. Han Ji Yong menderita  di tengah kemewahan. 

Kesepian, kekecewaan dan kemarahan akhirnya menjadikan ia tumbuh menjadi sosok yang ambisius yang dingin. Apapun yang menjadi keinginannya harus menjadi miliknya, bahkan rela menggunakan cara licik dan kejam.

Kasih ibu bisa mengalir deras dari seorang ibu tiri

Ibu tiri itu kejam? Tidak di dalam drama ini. Jung Seo Hyun yang menjadi ibu tiri  Soo Hyuk awalnya tidak mau terlalu campur tangan dalam kehidupan anak tirinya. Apalagi, Soo Hyuk sudah menjadi remaja saat ia menikah dengan Han Jin Ho.  Ia lebih menyerahkan soal pengaturan pendidikan dan kehidupan Soo Hyuk kepada ibu mertua dan suaminya. Namun, ketika Soo Hyuk yang merupakan cucu sulung ini dihadapkan pada kenyataan harus memilih cinta atau harta, ia berdiri di depan anak tirinya. 

Ia mendukung keputusan anak tirinya yang lebih memilih cinta. Baginya, melihat anak tirinya itu berbahagia lebih penting  daripada semua harta di dunia. Ia pun mendorong menantunya agar meningkatkan kapasitas dirinya agar bisa diterima di keluarga Hyowon.

Seo Hi Soo juga sangat mencintai Han Ha Joon, anak dari Han Ji Yong. Sedari Ha Joon batita, ia merawat dan mendidik  Ha Joon selayaknya anak kandung. Ia tak mau kehilangan Ha Joon, meski belakangan muncul ibu kandungnya. 

Menunjukkan arti ibu yang sebenarnya

Lee Hye Jin alias Kang Jae Kyong  bertekad ingin mengambil anak kandungnya, Ha Joon. Ia menyamar sebagai guru privat. Rencana ini dimuluskan oleh Han Ji Yong, yang diam-diam ternyata masih menyimpan rasa cintanya. 

Dengan restu diam Han Ji Yong, ia menggunakan segala  cara  untuk mempengaruhi Ha Joon agar membenci ibu tirinya, See Hi Soo. Awalnya Ha Joon sempat terpengaruh. Namun, belakangan ia menyadari cinta kasih ibu tirinya yang sangat besar dan tulus kepada dirinya. Kebahagiaan yang ia rasakan  bersama ibu tirinya jauh melebihi kebahagiaannya bersama ibu kandungnya. 

Mata hati Lee Hye Jin belakangan juga terbuka melihat kebesaran kasih ibu dari See Hi Soo terhadap anaknya. Ia akhirnya berbalik membantu See Hi Soo untuk mendapatkan hak asuh Ha Joon sepenuhnya.