Fruity pudding buah bisa dinikmati dalam segala suasana dan musim, termasuk musim hujan, Moms. Bisa dinikmati pula oleh si Kecil karena mengandung buah yang segar dan menyehatkan. 

Meski aman untuk si Kecil, sebaiknya pastikan usia si Kecil sudah di atas 6 bulan ya, Moms. Mengutip laman Stanford Children’s Health, sebaiknya bayi tidak diberikan makanan apa pun, termasuk buah,  selain ASI, sebelum berusia 6 bulan. 

Jika Moms ingin memberikan puding, sebaiknya tunggu hingga bayi berusia 8-10 bulan. Karena pada saat itu, kemampuan mengunyah dan mencernanya sudah lebih matang. Sebagai pemanis, Moms bisa menambahkan puree buah-buahan ke dalam campuran puding. Moms juga bisa memasukkan ASI atau susu formula sebagai bahan utama agar teksturnya lembut. Berikut ini saya share resep andalan fruity pudding favorit anak saya. 

Bahan layer buah: 

1 1/3 cup air 

2/3 cup sirup dari leci kalengan 

1/4 cup gula pasir 

1 3/4 sendok teh tepung agar-agar (saya tambahkan 1/3 bungkus Nutrijel  plain) 

2 cup kecil buah sesuai selera/buah yang sudah dipotong-potong. 

Bahan layer susu: 

700 ml susu UHT 

3/4 sendok teh + 1/8 sendok teh tepung agar-agar (saya tambahkan 1/3 bungkus Nutrijel plain) 

3 sendok makan gula pasir 

Sejumput garam 

4 inci daun pandan/optional

Bahan layer bawah/lapisan juice: 

3/4 cup jus buah sesuai selera, jika kurang kental bisa ditambah menjadi 1 cup jus tapi tidak menggunakan air sama sekali. 

1/4 cup air 

3/4 sendok teh + 1/8 sendok teh tepung agar-agar (saya tambahkan 1/3 bungkus Nutrijel plain) 

Gula, sesuai selera 

Cara membuatnya: 

  1. Layer buah-buahan

Masukkan air, sirup leci dan agar ke dalam panci. Aduk rata. Lalu masak sampai mendidih sekitar 1 menit,  sampai agar-agar larut. Masukkan gula. Aduk dan angkat. 

  1. Masukkan ke dalam cetakan setinggi ¼ inci. Tata buah sesuai selera. Lalu masukkan lagi agar-agar di atas buah, biarkan sampai lapisan atasnya mengeras 
  2. Sementara itu buat layer susu. Pada panci kecil, masukkan susu, daun pandan dan agar-agar, aduk rata. Masak sampai mendidih,  sekitar 1 menit. Lalu masukkan gula. Aduk dan  angkat 
  3. Tuang secara perlahan di atas layer buah yang permukaannya sudah kering dan mengeras. Biarkan sampai permukaannya mulai mengeras.
  4. Sementara itu buat lapisan jus: metodenya sama seperti lapisan sebelumnya. (Merebus bahan lapisan jus tidak boleh terlalu lama, cukup sampai agar-agar larut). 
  5. Tuang lapisan jus secara  perlahan di atas lapisan santan. Biarkan dingin, simpan di kulkas sampai mengeras. 
  6. Keluarkan dari cetakan dan  hidangkan.  Puding ini termasuk tinggi kalori karena terdapat susu di dalamnya. Jika Moms ingin menaikkan berat badan si Kecil, Moms bisa memberikan fruity pudding ini sebagai camilan. 

Note :

Susu UHT untuk anak 1 tahun ke atas ya, Moms.