Camilan tahu walik atau tahu terbalik dari Banyuwangi ini memang bikin penasaran soal cara pembuatannya. Hidangan tahu isi ini diolah dengan gaya berbeda, demi mendapat tekstur permukaan yang garing. Uniknya, ini bukan berasal dari kulit tahu atau adonan tepung, melainkan lapisan dalam adonan tahu. 

Tahu berkulit dipotong kemudian dikeluarkan isinya dan dibalikkan sehingga bagian kulit justru berada di dalam. Kemudian tahu diisi dengan adonan berbahan tepung kanji atau tepung sagu yang dicampur dengan  daging ayam, daging sapi, atau ikan tenggiri. Gorengan tahu isi seperti juga populer di daerah lain seperti Semarang, Bandung (tahu tiwalik), dan Jakarta. 

Resep Tahu Walik 

Bahan: 

12 buah tahu pong 

Bahan isian: 

300 g daging ayam giling 

4 batang daun bawang, iris tipis 

150 g tepung tapioka 

70 ml air es/air dingin 

2 siung bawang putih 

8 siung bawang merah 

Lada 

Gula 

Garam 

Cara membuat:

  • Goreng tahu pong hingga bagian dalamnya agak kopong. Belah tahu menjadi dua, lalu balik kulit bagian dalam keluar, sisihkan.
  • Siapkan food processor, campur semua bahan isian lalu haluskan. Masukkan bahan isian yang telah dihaluskan ke dalam tahu yang sudah dibalik, padatkan. Lalu goreng dalam minyak dengan panas sedang hingga kuning keemasan, angkat lalu tiriskan. Sajikan. 

Untuk olahan daging ayamnya bisa diganti dengan ikan, jadi rasanya mirip pempek. Agar lebih nikmat menyantap tahu walik, Moms bisa memilih aneka sambal berikut ini : 

Sambal Kecap 

Bahan:

3 sdm gula aren atau gula merah 

1 sdm gula pasir  

Cabai rawit merah sesuai selera 

2 sdm kecap manis  

Garam secukupnya 

Air secukupnya 

Cara membuat : 

Ulek cabai, gula merah, gula pasir, dan garam. Tuang di wadah, beri tambahan kecap dan air secukupnya, aduk rata.  

Kuah Cuko 

Bahan :

200 ml air 

2 butir bawang putih 

4 biji cabe domba 

3 sdm kecap manis 

3 butir asam 

Gula merah secukupnya 

Penyedap dan garam secukupnya 

Cara Membuat: 

Didihkan air,  masukkan bawang putih, garam, gula, penyedap, dan  kecap.  Biarkan sampai air agak susut, masukkan asam Jawa, matikan kompor.  Cocol tahu walik ke kuah cuko, mantap luar biasa. 

Sambal Petis

Bahan: 

  • Cabe 
  • Gula Pasir 
  • Petis Madura 
  • Air hangat 

Cara membuat : 

Haluskan gula dan cabe, setelah halus masukkan petis Madura dan tambah air hangat supaya tekstur sedikit encer. 

Tahu Walik ini bisa dimakan langsung atau bisa dengan tambahan sambal kemasan maupun cabe rawit. Semuanya kembali lagi ke selera masing-masing. Tahu walik bisa jadi menu inspirasi juga nih, buat buka puasa,  selain bakwan dan tempe goren.  Selamat mencoba ya Moms.