Flu menjadi penyakit yang sangat mudah menyerang tubuh manusia. Penyebabnya beragam. Mulai dari cuaca hingga kondisi tubuh yang tidak stabil. Padatnya aktivitas kadang juga membuat kita  lupa menjaga kesehatan. Sebelum mengonsumsi obat-obatan berbahan kimia, sebaiknya coba dulu deh memulihkan kondisi tubuh dengan sayur sop ayam kampung. 

Sayur sop merupakan makanan sederhana yang terdiri dari kuah kaldu, potongan ayam , wortel, kentang, buncis serta daun bawang seledri. Yuk,  simak resepnya berikut ini. 

Sop ayam kampung 

Bahan:

½  ekor ayam kampung,  wortel,  kentang,  buncis,  daun bawang,  seledri,  tomat. 

Bumbu halus:

Bawang merah, bawang putih dan lada,  garam,  kaldu bubuk,  daun jeruk,  dan bawang goreng. 

Cara membuat: 

  1. Bersihkan ayam dan potong kecil terlebih dahulu, lalu cuci bersih
  2. Masak air beserta bumbu halus hingga mendidih 
  3. Masukkan potongan ayam, masak hingga setengah matang 
  4. Sambil nunggu ayam , bersihkan sayuran lalu potong 
  5. Masukkan sayuran,  kecuali daun bawang, seledri dan tomat,  masak hingga matang
  6. Jika sayuran sudah matang,  masukkan daun bawang,  seledri dan tomat. Koreksi rasa, lalu taburi bawang goreng. 
  7. Sop ayam siap disajikan dengan nasi hangat.  

Walaupun sop ayam ini makanan sederhana,  namun ketika sedang sakit semangkuk sop ayam terasa sangat nikmat. Dan tak sedikit orang yang mengatakan bahwa setelah mengonsumsi sop ayam,  kondisinya membaik. 

Sop ayam memang memiliki banyak khasit, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: 

Memiliki efek antiInflamasi 

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal medis Chest, ada indikasi bahwa sup ayam mengandung efek antiinflamasi, yang bisa jadi dapat meredakan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas. 

Aroma sop ayam hangat berkhasiat 

Menurut sebuah studi terpisah yang juga diterbitkan di jurnal medis Chest, aroma dari rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan sup ayam dapat membantu membersihkan sinus dan meredakan gejala infeksi pada mereka  yang mengalami gangguan pernapasan. 

Sarat nutrisi 

Menurut dr. Sara Elise Wijono, M.Res., dalam semangkuk sup ayam mengandung vitamin B6 yang baik untuk pembentukan sel darah merah dan reaksi kimia dalam tubuh. Sementara itu, kaldu ayamnya juga kaya gelatin dan kolagen, yang bermanfaat baik untuk daya tahan tubuh. Kandungan asam amino pada sup ayam juga membantu meredakan peradangan.  Serta wortel pada sup ayam mengandung vitamin A, nutrisi yang penting bagi imunitas tubuh. Jika disajikan hangat, uapnya dapat melegakan hidung yang tersumbat. 

Cara terbaik menyembuhkan flu adalah mengonsumsi makanan dengan gizi baik, termasuk perbanyak makan atau minum cairan hangat, dan sup ayam memenuhi kriteria tersebut. Hindari terlalu memforsir diri untuk melakukan aktivitas saat sakit. Istirahat yang cukup akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Semoga Lekas Sembuh.