Hai Moms, siapa di sini yang enggak suka kalau pakaian sudah bersih, rapi, masuk lemari, pas mau dipakai eh ternyata bau apek? Haduh, rasanya kerja dua kali deh, harus semprot-semprot lagi, terutama buat pakaian rumahan yang sayang banget rasanya kalau harus semprot parfum karena bau apek saat mau dipakai, ya kan? Nah untuk itu aku ada beberapa tip yang mungkin bisa Moms coba di rumah. 

Pastikan susunan lemari pakaian rapi dan tertata

Misal pisahkan pakaian besar dan pakaian dalam. Pisahkan pakaian kita dengan pakaian si Kecil. Hal ini berguna untuk memberikan ruang udara pada lemari. Jadi, saat kita membuka lemari udara baru yang bersih dan segar akan masuk menggantikan udara lembap pada lemari. 

Gunakan pengharum lemari yang memiliki kandungan anti odor (atau anti bakteri)

Hal ini berguna sekali loh Moms. Lemari adalah salah satu benda yang setiap hari kita gunakan, tapi apakah selalu kita cuci? Tidak, kan Mom? Nah, untuk itu penggunaan pengharum dengan anti bakteri akan membantu menyingkirkan bau apek akibat banyak kuman dan bakteri yang bersarang pada lemari tersebut. 

Jangan menyimpan pakaian kotor terlalu lama

Menyimpan pakaian kotor terlalu lama bisa membuat kuman dan bakteri berkembang pada pakaian yang sudah kita gunakan. Aku selalu mencuci setiap 2 hari sekali, hal ini untuk meminimalisir pakaian menumpuk terlalu banyak, sehingga membuat kita lengah dalam proses pencucian. Pencucian yang kurang bersih menyebabkan kuman dan bakteri tidak mati sepenuhnya. 

Gunakan pengharum pakaian setelah pencucian, bukan saat menyetrika

Kenapa? Agar saat menyetrika pakaian bisa dipastikan benar-benar kering. Tidak agak basah-basah. Agar tidak menimbulkan kelembapan pada saat sudah disimpan di lemari pakaian.

Pastikan pakaian kering sebelum masuk ke dalam lemari pakaian

Jika Moms lebih suka menggunakan pewangi pakaian saat menyetrika, biarkan pakaian tersebut beberapa saat di luar atau suhu ruang. Jangan langsung dimasukkan ke lemari dalam keadaan pakaian masih hangat. Perubahan suhu mendadak bisa menimbulkan kelembapan pada lemari. Selain itu, menaruhnya di suhu ruang terlebih dahulu juga bisa membuat pakaian lebih kering sebelum dimasukkan kedalam lemari. 

Beri alas 

Lemari berbahan kayu cenderung berbau saat terlalu lama ditutup atau saat pakaian terlalu penuh. Bisa disiasati dengan memberikan alas pada lemari. Biasanya aku lapisi bagian dalam lemari dengan bungkus kado. Selain lemari jadi tidak cepat lembap juga menghindari lemari dari terkena jamur. 

Semoga bermanfaat ya Moms