Di zaman yang serba praktis dan cepat seperti sekarang, setiap orang tidak punya waktu untuk berlama-lama melakukan suatu kegiatan, salah satunya memasak. 

Banyak metode yang dilakukan tiap keluarga guna mengefisienkan waktu di dapur, salah satunya menggunakan metode meal plan atau perencanaan makanan. Metode ini adalah menyiapkan makanan yang akan dikonsumsi dalam beberapa waktu ke depan. Meal plan akan sangat membantu bagi Moms yang tidak memiliki cukup waktu untuk memasak makanan besar setiap harinya. 

Banyak yang ingin menerapkan metode ini tetapi belum memahami bagaimana metode meal plan ini diterapkan. Berikut adalah beberapa tip yang bisa Moms terapkan. 

Siapkan wadah 

Sebelum memulai hendaknya Moms mulai mengumpulkan wadah atau kontainer makanan. Menggunakan wadah selain membantu agar makanan lebih tertata dengan rapi juga membantu makanan segar lebih lama dan menghindari kontaminasi bakteri. Pilihlah wadah yang kedap udara, BPA free dan aman dibekukan atau dipanaskan.

Tentukan metode meal plan terbaik

Langkah kedua adalah Moms harus menentukan metode meal plan yang akan Moms terapkan. Seperti, apakah makanan yang akan disimpan tersebut berdasarkan  berdasarkan porsi personal atau porsi keluarga. 

Siapkan rencana 

Menyiapkan rencana adalah bagian penting dalam menerapkan metode meal plan ini. Moms bisa menyiapkan menu untuk beberapa hari ke depan. Cara ini akan membantu Moms agar tidak kebingungan mengenai menu setiap harinya. Agar Moms tidak lupa, sebaiknya tulis menu apa saja yang akan disajikan. 

Jangan lupa shopping list 

Ingin menghemat pengeluaran dan sedang menerapkan metode meal plan?  Maka Moms sebaiknya mencatat keperluan rumah tangga,  baik keperluan bahan makanan atau keperluan rumah tangga lainnya. 

Penyimpanan 

Setelah banyak tip mengenai persiapan,  maka tip mengenai penyimpanan adalah salah satu poin terpenting dalam metode meal plan. Pastikan Moms telah mempelajari tentang  teknik penyimpanan makanan. Karena setiap bahan makanan atau makanan siap saji memiliki teknik penyimpanannya sendiri. 

Konsisten 

Konsistensi adalah kunci dari kesuksesan, Ketika Moms konsisten,  maka apa pun metode yang sedang Moms gunakan akan memberikan hasil nyata. Tetap konsisten tiap minngu atau tiap bulan dalam menyiapkan meal plan ya Moms.