Menjadi influencer di sosial media, terutama Instagram telah menjadi profesi yang menjanjikan. Selain dapat bekerja sama dengan brand terkenal, seorang influencer juga berkesempatan untuk membangun komunitas dengan para pengikutnya. 

Sebagai salah satu platform favorit, Instagram semakin bertransformasi mengembangkan layanan dan produknya, seperti  live streaming dan instagram story. Hal ini tentunya memudahkan brand dan influencer untuk terhubung dengan audiens dan konsumen potensial.

Jika Moms adalah pengguna Instagram yang aktif dan aktif berinteraksi dengan pengikut, Moms dapat mempertimbangkan untuk terjun menjadi influencer. Memiliki pengikut di Instagram membantu Moms sebagai influencer untuk membangun kredibilitas sekaligus rate pada klien-klien potensial. Tidak punya banyak follower? Jangan khawatir. Moms bisa menambah pengikut secara organik. Berikut cara menambah followers secara organik menurut salah satu Influencer Mom, Lindsay McClelland:

Membuat Konten yang Memiliki Nilai

Salah satu cara influencer membangun interaksi dengan para pengikutnya melalui nilai dan cerita. Cerita dapat membangun kedekatan dan keterikatan Moms dengan para pengikut. Setidaknya, konten Instagram Moms dapat menjawab pertanyaan: mengapa orang ingin mengikuti akun ini? Apa nilai yang diberikan? Secara teknis, Moms dapat memanfaatkan tools, seperti Planoly untuk merencanakan dan menjadwalkan konten secara visual dan narasi. Selain itu, manfaatkan bio profil Instagram sebagai “sampul” Moms.

Membangun kedekatan

Pada intinya, media sosial adalah salah satu cara untuk membangun hubungan. Sehingga untuk menjadi seorang influencer, tidak hanya berfokus pada akun sendiri, tetapi juga terlibat dalam interaksi orang lain, baik itu komentar pengikut di postingan, atau dengan orang yang memiliki ketertarikan sama dengan Moms. Cara menemukannya dapat melalui hashtag, Moms juga dapat menargetkan 100 foto untuk disukai dalam sehari. Berkomentar pada postingan orang yang Moms idolakan, misalnya influencer lain yang lebih senior, atau mengikuti akun Instagram yang serupa dengan konten Moms.

Menggunakan hashtag

Salah satu strategi agar konten Moms muncul pada Feeds akun lain adalah menggunakan hashtag. Psst, Moms dapat menyisipkan hashtag yang memiliki traffic tinggi agar muncul di “top post”, engagement tertinggi didapat ketika beberapa hashtag kunci diletakkan di post dan hashtag lain di kolom komentar. Selain itu, Moms dapat membuat hashtag sendiri untuk menandai cerita Moms dan membedakannya dengan konten orang lain, semakin lama, terbangun “merek” Moms di Instagram. Bila, Moms ingin diperhatikan oleh brand tertentu, gunakan hashtag mereka pada konten Moms yang relevan.

Berkolaborasi

Kolaborasi antara influencer atau brand yang memiliki genre dan konten yang mirip cukup populer saat ini. Kolaborasi ini dapat berupa giveaway produk terkait dengan syarat mengikuti pihak yang berkolaborasi. Selain meningkatkan jumlah pengikut, Moms juga semakin memperkuat kedekatan dengan mereka. 

Nah, Moms, begitulah kiat  meningkatkan jumlah pengikut di Instagram secara organik. Namun, perlu diingat bahwa terkadang satu metode tidak dapat berlaku untuk semua, pada akhirnya Moms akan menemukan metode dan karakter sendiri yang sesuai dengan passion Moms.