Bertambah usia, sedikit banyak bertambah pula permasalahan kulit yang mungkin Moms alami. Itu merupakan hal yang wajar, Moms. Proses penuaan akan terus berlangsung sejalan dengan bertambahnya usia. Salah satu perubahan yang menjadi tanda bahwa kita telah mengalami proses penuaan adalah keriput. 

Mengacu pada pengertian keriput menurut salah satu artikel di laman mayoclinic.com, merupakan garis dan lipatan yang terbentuk di kulit. Beberapa bagian wajah mungkin bisa memiliki keriput seperti area mata, mulut hingga leher. 

Penyebab keriput sendiri sangat beragam, mulai dari tanda penuaan, genetik, stres, sinar UV hingga rokok. Jika Moms  belum memiliki keriput maka sebaiknya Moms menghindari penyebab timbulnya keriput.  Tetapi jika Moms sudah memiliki keriput,  maka beberapa tip di bawah ini mungkin berguna, Moms: 

Gunakan sunscreen 

Tidak ada kata terlambat untuk menghambat pertambahan keriput. Moms bisa menggunakan sunscreen untuk mengurangi kemunculan keriput. The American Of dermatology mengungkapkan bahwa menggunakan sunscreen secara teratur akan bermanfaat untuk mengurangi keriput hingga mencegah kanker kulit. 

Pola hidup sehat 

Melakukan pola hidup sehat secara umum dapat membantu kualitas hidup menjadi lebih baik. Memperhatikan asupan gizi setiap harinya dan mengonsumsi air yang cukup akan membantu Moms dalam mengurangi keriput. Selain kedua hal di atas,  memiliki pola hidup sehat juga berarti menghindari zat-zat yang tidak baik untuk tubuh seperti menghindari rokok dan minuman keras. 

Sesuaikan skin care 

Jenis hingga kegunaan skin care di zaman ini sudah sangat beragam dan mudah ditemukan. Moms perlu memerhatikan kandungan skin care yang Moms gunakan setiap harinya. Tetap gunakan skincare sesuai dengan kondisi kulit Moms dan jangan menggunakan skincare yang memiliki bahan berbahaya seperti hidroquinon atau merkuri.

Temui dokter 

Pilihan lainnya adalah menemui dokter. Dermatologist merupakan cabang dari dunia kedokteran yang khusus menangani masalah pada kulit. Moms bisa mengkonsultasikan masalah kulit yang sedang Moms alami termasuk kulit keriput. 

Mencegah mungkin lebih mudah daripada mengurangi. Tetapi tidak ada yang tidak mungkin. Konsistensi dan kesabaran adalah kunci dari keberhasilan dalam penyelesaian masalah termasuk masalah pada kulit Moms.