Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk menyimpan sayuran agar tetap segar dan tahan lama, yaitu

1. Menjaga tingkat kelembapan 

Sayur dan buah mengandung air. Kandungan inilah yang harus selalu dijaga agar tahan lama dan tak cepat membusuk. Menjaga kandungan air tersebut dengan menyimpannya di dalam plastik yang dilubangi agar ia tetap masih bisa bernapas.

2. Mencuci sayur yang baru dibeli 

Jika semua sayur yang dibutuhkan sudah didapatkan, maka jangan lupa untuk mencucinya sesuai dengan jenisnya. Diharapkan dicuci satu persatu agar benar-benar bersih. Sayur yang sudah dicuci jangan langsung disimpan, melainkan ditiriskan terlebih dahulu.

3. Mengambil sesuai kebutuhan 

Jika menyimpan semua sayuran di kulkas, lalu ingin mengolahnya, maka cukup ambil seperlunya.

4. Simpan sayur dan buah di tempat khusus 

Kini banyak jenis tempat penyimpanan sayur, buah dan makanan lain yang mampu menjaga kesegarannya. Simpan sayur dan buah di lemari es atau wadah dengan penutup yang rapat.

5. Jangan menyimpan sayur yang sudah dipotong

Hindari menyimpan sayuran dalam keadaan sudah terpotong-potong, karena tidak akan tahan lama. Sayur yang disimpan dalam keadaan utuh lebih tahan lama.

6. Menata dengan benar dan rapi sayuran di dalam kulkas 

Dengan menata dan mengatur sayuran dengan benar di dalam kulkas maka sayuran yang disimpan akan tahan lama.

7. Memastikan kulkas bersih 

Ketika ingin menyimpan sayur ke dalam kulkas atau lemari es, maka harus memastikan terlebih dahulu apakah kulkas bersih atau justru sebaliknya, dan pastikan juga kulkas berada pada suhu yang pas. Kulkas adalah tempat yang tepat untuk menyimpan sayuran karena suhu di dalamnya sejuk dan dingin. Apabila lebih tinggi dari itu maka akan menyebabkan timbulnya bakteri yang nantinya akan memengaruhi rasa dan aroma makanan yang disimpan di dalamnya, sementara jika lebih rendah dari itu maka akan membuat sayuran beku.

8. Pintar saat membeli sayuran 

Ketika hendak membeli sayuran sebagai persediaan, maka harus dicatat terlebih dahulu. Agar lebih mudah dan cepat saat berbelanja persediaan.

9. Simpan dengan kertas 

Simpanlah sayuran dengan membungkusnya menggunakan kertas. Kertas mampu menyerap kelembapan yang berlebih sehingga sayuran tidak akan cepat membusuk.

10. Masukkan sayur ke dalam plastik 

Sebelum disimpan, lebih baik sayuran dimasukan terlebih dahulu ke dalam plastik berlubang. Menyimpan sayuran di dalam plastik merupakan salah satu cara tepat untuk mempertahankan sayuran agar tidak mudah rusak.

11. Pastikan simpan dalam keadaan kering 

Jika ingin menyimpan sayur atau buah di kulkas, maka pastikan dalam keadaan kering. Jangan cuci sayuran sebelum dimasukkan kulkas. Sayuran dan buah yang basah tak akan tahan lama dan cepat rusak.