Sebagai ibu rumah tangga, banyak pekerjaan yang harus dilakukan di rumah. Namun, ada kalanya Moms juga harus melakukan pekerjaan di luar rumah. Terlebih lagi jika Moms termasuk wanita karir yang bekerja di kantor sehingga terpaksa meninggalkan rumah. Kebutuhan akan adanya pekerja rumah tangga (PRT) pun tak dapat diabaikan lagi. 

Namun sebelum menentukan kriteria PRT seperti apa yang akan membantu Moms di rumah, ada hal paling mendasar yang perlu Moms telaah lagi. Ada beberapa pertanyaan mendasar yang bisa Moms jadikan bahan diskusi bersama suami nantinya. Berikut di antaranya: 

PRT untuk apa? 

Moms perlu bantuan PRT untuk melakukan apa? Apakah untuk memasak saja, mencuci pakaian kotor sekeluarga, bersih-bersih, menjaga dan mengawasi anak-anak, atau justru butuh semuanya? Pertanyaan mendasar ini menjadi pijakan awal bagi Moms dan suami dalam menentukan PRT yang seperti apa nantinya. Dengan begitu, Moms bisa lebih mengerucutkan lagi kriteria yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. 

Jenis kelaminnya? 

Berdasarkan pertanyaan pertama tadi, Moms sudah bisa melanjutkan ke pertanyaan kedua. Maka, sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang akan dibantu oleh PRT nantinya, Moms juga bisa lebih spesifik menentukan jenis kelamin PRT yang akan direkrut. Jika Moms butuh PRT untuk menjaga anak-anak lebih nyaman dilakukan oleh perempuan, maka pilih perempuan. Tapi jika memang lebih nyaman dengan laki-laki silakan pilih laki-laki. Jangan lupa diskusikan dengan pasangan Moms juga ya soal ini. Berdasarkan hasil analisa data Survei Tenaga Kerja Nasional (Sakernas) 2008 - 2015, pada tahun 2015 terdapat 292 PRT perempuan untuk setiap 100 PRT laki-laki. 

Rentang usia? 

Dalam salah satu publikasi International Labour Organization (ILO/Kantor Perburuhan Internasional, Jakarta) yang berjudul Peraturan tentang Pekerja Rumah Tangga di Indonesia; Perundangan yang Ada, Standar Internasional dan Praktik Terbaik, disebutkan bahwa batas usia minimum bagi anak-anak adalah 15 tahun. Karena itu, Moms perlu menentukan usia PRT yang dibutuhkan dengan bijak. Tentu Moms tidak ingin dituduh mempekerjakan anak di bawah umur, kan? Sebaiknya rentang usia disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang Moms butuhkan. 

Menginap (Live In) atau Tidak Menginap (Live Out)? 

Moms perlu menyiapkan kamar khusus jika menginginkan PRT yang menginap di rumah. Namun, jika jasa PRT yang Moms butuhkan hanya sekadar untuk menyetrika dan membersihkan rumah tentu bisa saja pulang-pergi. Bahkan Moms juga bisa memanggil PRT saat dibutuhkan saja. Apakah satu kali dalam satu minggu, dua kali seminggu, atau disesuaikan dengan kebutuhan keluarga Moms.