#Stayathome #workfromhome menjadi hastag yang kerap bermunculan di manapun. Memang di masa pandemi akibat covid ini hampir seluruh aspek masyarakat diwajibkan untuk tetap di rumah. Harapannya adalah untuk memutus rantai penularan virus ini. Jika sebagai orang dewasa yang kerap bekerja dan rindu akan di rumah saja, bagaimana dengan anak-anak? Tentu kejenuhan akan melanda mereka, terutama anak yang aktif dan terbiasa dengan alam bebas. Beruntunglah jika Moms memiliki halaman rumah yang cukup luas sehingga anak dapat mengeksplorasi diri mereka. Namun tentu aktivitas tersebut tidak akan bertahan lama. Moms dapat mencoba untuk melibatkan anak untuk melakukan pekerjaan rumah. Apa saja yang dapat dilakukan?

 

Merapikan tempat tidur 

Tidak peduli anak laki-laki maupun perempuan, Moms dapat mengajak mereka merapikan tempat tidur. Melipat selimut hingga merapikan sprei dapat menjadi aktivitas rutin di pagi hari. 

 

Membuat camilan dan masakan rumah 

Anak-anak tentu menyukai camilan. Moms dapat mengajak mereka membuat kue kering atau roti. Libatkan mereka untuk mengaduk dan memecahkan telur. Semakin belepotan tentu akan semakin menyenangkan bagi mereka. Ajarkan juga mereka untuk mengenal bahan-bahan masakan seperti tepung, soda kue, hingga nama-nama sayuran. Selain mengisi waktu dan mengasah motorik anak, kegiatan ini juga menambah perbendaharaan kata bagi anak. 

 

Mencuci baju 

Anak-anak tentu senang bermain air. Menciptakan gelembung dari air sabun juga menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi mereka. Tidak ada salahnya Moms mengajak mereka mengucek baju atau mencuci menggunakan mesin. Akan lebih menyenangkan jika mencuci dengan tangan dan membiarkan mereka mencuci baju mereka sendiri. Kemudian baru dikeringkan dengan mesin cuci. 

 

Menyapu rumah dan halaman rumah 

Ajarkan anak akan kebersihan. Menyapu adalah rutinitas yang Moms lakukan setiap hari. Tentu anak-anak sudah sangat terbiasa melihatnya dan tau apa yang harus mereka lakukan. Dampingi untuk menyapu bagian-bagian tertentu seperti sudut rumah dan menempatkan sampah di tempatnya. 

 

Mengepel lantai

Masih berkaitan dengan bermain air, anak-anak tentu suka dengan kegiatan ini. Mengepel lantai sambil memutar lagu favorit dapat menyenangkan hati mereka. Jangan sampai anak-anak terlalu lelah ya moms. 

 

Bagaimana Moms? Selain belajar dan bermain, anak-anak juga dapat meringankan beban Moms lho. Pastikan mereka sedang dalam suasana hati yang baik ya Moms. Jangan lupa mengapresiasi segala bantuan yang diberikan anak-anak selama melakukan kegiatan rumah.