Melatih anak mandiri bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Mulailah dari rutinitas sehari-hari. 

Kemandirian anak perlu dilatih sejak dini. Moms bisa melatih si Kecil agar lebih mandiri lewat rutinitas sehari-hari. Nah, rahasia sukses agar anak mau mengikuti keinginan Moms adalah terlebih dahulu Moms harus tahu apa yang diharapkan dari si Kecil dan pertimbangkan juga tingkat keterampilannya. Jangan lupa, berikan juga dorongan yang positif dan spesifik untuk meningkatkan keberhasilannya. Lebih jelasnya, begini cara melatih anak mandiri:  

  • Saat Moms menginginkan si kecil melakukan sesuatu, pastikan mata Moms dan si kecil berada pada posisi sejajar dan dapatkan perhatiannya. Misal, menyentuhnya dengan lembut, buat kontak mata atau bersama-sama melihat objek yang sama.
  • Hindari  menggunakan perkataan negatif, semisal,” Jangan berlari,” Jangan berkelahi,” “Jangan berteriak,”  Moms bisa menggantinya dengan perkataan yang positif dan lebih efektif, seperti  “Ayo, berjalan saja,” “Ayo, main sama-sama,” dan “Bicaranya pelan saja, ya.”   
  • Jika ingin anak menguasai suatu keterampilan tertentu, berikan contoh bagaimana melakukannya. Jika anak menemui kesulitan, beri panduan, setelah itu biarkan anak melakukan sisanya.
  • Beri anak waktu untuk melakukan tugas-tugas sederhana sendiri. Ketika merencanakan bepergian misalnya, tambahkan waktu ekstra untuk hal-hal seperti memakai sepatu, memasukkan perlengkapan ke dalam ransel, dan lainnya. Sangat berharga untuk membuat mereka merasa mampu dan mandiri.
  • Tawarkan pilihan pada anak. Misalnya, biarkan dia memilih antara camilan sehat, mainan dan piyama tidur.
  • Buat rutinitas. Meski tidak ada batasan waktu untuk setiap kegiatan, namun si Kecil ingin mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya. Selalu membaca dua buku sebelum tidur, misalnya. Memiliki rutinitas yang dapat diprediksi menumbuhkan kemandirian anak karena mereka tahu apa yang terjadi selanjutnya.
  • Biarkan si Kecil belajar melalui permainan, baik bermain indoor maupun outdoor. Dengan bermain, anak belajar mengatasi kesulitan.