Tiap orangtua memiliki cara mendidik anak yang berbeda, Moms, tergantung budaya dan norma masing-masing. Salah satunya metode dari Prancis yang fokus pada menghormati aturan dan kesopanan. Anak-anak di sana dibiasakan makan dengan duduk diam dan membersihkan peralatannya sendiri.

Prancis Moms mengajarkan anak mandiri bahkan sejak usianya tiga bulan, dengan memisahkan kamar bayi, di saat Moms lain tidur bersama bayinya. Ketika si Kecil menangis tengah malam, para Moms Prancis ini akan membiarkannya dalam waktu yang lama agar ia belajar untuk menenangkan dirinya sendiri. Imbasnya, anak-anak kecil di sana jadi terbiasa tidur penuh dari pukul 7 malam.

Para Moms di negara menara Eiffel ini tidak mendisiplinkan atau menghukum anak, mereka mendidik dengan penuh kasih sayang, sambil membiasakan anak bahwa mereka bukanlah “pusat dari dunia” orangtua. Maka, tak jarang anak-anak Prancis terkenal akan etika, kedewasaan, dan kemandiriannya. Tak seperti anak seusianya, mereka jarang tantrum, terutama di tempat umum.

Namun, bukan berarti pola asuh negara yang terkenal dengan macarons ini adalah yang sempurna, Moms, setidaknya ada banyak hal yang dapat dipelajari dari gaya pengasuhannya.

Tidak menggunakan baby talk

“Mimi cucu” atau “mam yuk” yang biasa Moms ucapkan pada si Kecil, tidak ada dalam kamus pengasuhan anak di Prancis. Sejak bayi lahir, Moms di sana selalu menggunakan bahasa dan nada bicara normal. Walau usia bayi masih sangat muda untuk memahami apa yang Moms katakan, namun menurut Pamela Druckerman, penulis buku, Bringing Up Bébé, orangtua Prancis percaya bahwa anak-anak tidak mengenal umur untuk belajar komunikasi yang baik melalui kata dan frasa.

Membiasakan anak melakukan hal sulit sendiri

Si Kecil biasa dibantu oleh Moms ketika memakai sepatu? Orangtua Prancis membiarkan anak melakukan hal sulit tanpa dibantu, untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Ketika Moms selalu membantu si Kecil, mereka kehilangan kesempatan untuk berusaha dan bangga pada dirinya sendiri

Membuat jadwal makan teratur bersama keluarga dan tidak snacking

Ini merupakan perbedaan paling mendasar dari cara asuh anak Prancis dan anak lain. Jika si Kecil biasanya disuapi makan sambil bermain, anak-anak Prancis makan layaknya orang dewasa, mengikuti jadwal makan, duduk di kursi makan bersama keluarga dengan menu sehat yang sama pula. Mereka juga tidak dibiasakan mengonsumsi makanan ringan. 

Membiasakan selalu hormat pada orang

Anak-anak di Prancis sudah terbiasa menyapa orang dengan sopan pada usia empat tahun. Begitu pula di tempat umum, Moms tidak akan menemukan anak Prancis yang berteriak menangis atau tantrum. Pola asuh yang sama juga diajarkan di daycare mereka, Moms. 

Memberikan pujian seperlunya

Orangtua Prancis tidak royal dalam memberikan pujian. Berbeda dengan orangtua di negara lain yang suka mengumbar pujian pada anak, Moms Prancis cukup selektif. Pujian diberikan hanya ketika si Kecil benar-benar melakukan sesuatu dengan baik. Saat anak dipuji karena usahanya, mereka akan merasakan pencapaian dan bangga dengan apa yang mereka pelajari. 

Bagaimana Moms? Tertarik mengadopsi pola asuh ala Moms Prancis?