Gaya parenting merupakan cara mengasuh anak yang dilakukan oleh orangtua dalam kehidupan sehari-hari. Gaya parenting setiap keluarga tentunya berbeda satu sama lain, namun memiliki tujuan yang sama yaitu membentuk anak menjadi pribadi yang baik, bertanggung jawab dan mandiri. 

Gaya parenting dalam keluarga sangat penting karena dapat memberi pengaruh  pada kepribadian anak. Salah satu gaya parenting yang biasa diterapkan orangtua untuk mendidik anak yang sulit diatur  adalah dengan memberikan hadiah. Bagaimana penerapannya dan dampaknya pada anak? 

Mendidik anak dengan hadiah tentunya akan membuat si Kecil bahagia dan menghindari konflik. Anak juga bisa lebih termotivasi untuk melakukan hal baik lain tentunya. Hadiah di sini tidak selalu mainan, benda kesukaan si anak bisa juga dengan ciuman, pelukan dan banyak jenis hadiah lain yang bisa kita berikan pada si kecil. 

Contoh hal kecil yang bisa kita berikan hadiah kepada si Kecil : 

1. Saat toilet traning

 Jika berhasil pipis di kamar mandi kita kasih hadiah celana dalam baru beserta pujian. Anak biasanya akan terpacu untuk dapat banyak hadiah sehingga proses toilet training ini berjalan lancar 

2. Belajar pakai baju sendiri

Saat si Kecil berusia 2 tahun, Moms bisa mengajari anak untujk  mandiri memakai baju sendiri. Jika berhasil,  Moms bisa memberikan hadiah ciuman dan pujian. Moms juga bisa  memberi camilan favorit si Kecil 

Masih banyak lagi kondisi dan hadiah yang bisa diberikan pada si Kecil. Moms bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing masing. 

Untuk manfaatnya sendiri mendidik anak dengan hadiah sebagai berikut: 

Dapat memotivasi si Kecil 

Hadiah bisa dijadikan alat untuk memotivasi anak agar mencapai sebuah tujuan yang baik, dan bisa mengubah perilaku ke arah yang lebih positif. 

Hadiah membantu perkembangan sosial si Kecil 

Mendidik anak dengan hadiah bukan hanya membuatnya senang tapi juga meningkatkan ikatan emosional antara anak dengan orang tua 

Bentuk penghargaan

Hadiah merupakan bentuk penghargaan kepada si Kecil Dengan memberikannya hadiah, anak merasa apa yang dia lakukan itu baik dan merasa dihargai. 

Agar pemberian hadiah ini tidak menimbulkan dampak negatif,  Moms bisa lakukan hal berikut ini: 

  • Jangan sering memberikan hadiah 
  • Batasi hadiah berupa materi 
  • Kreatif dalam pemberian hadiah 
  • Gunakan sistem reward dan punishment 
  • Jangan memberikan hadiah untuk memberhentikan kebiasaan buruk 

Mendidik anak dengan hadiah memang bisa menjadi salah satu cara agar anak berperilaku baik. Tetapi jangan terlalu memanjakannya atau memberikan hadiah tanpa suatu didikan moral dan kedisiplinan. Karena keluarga adalah tempat pertama bagi anak untuk berkembang,  baik itu secara psikologis maupun intelektualnya.