Semua orang tua menginginkan si Kecil rajin belajar dan berprestasi di sekolah.  Namun ada kalanya si Kecil  malas belajar sehingga mempengaruhi nilai pelajarannya di sekolah. Karena itu, sebagian orang tua memilih untuk  memasukan anaknya ke tempat les atau bimbingan belajar (Bimbel). 

Cara tersebut tidak salah, Moms. Namun belum tentu solusi yang Moms berikan sesuai kebutuhan si Kecil, lho. Ada baiknya Moms cari tahu dulu nih, akar permasalah si Kecil malas belajar.  Karena banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Baik dari segi fisik, mental maupun lingkungan. 

Berikut ini beberapa kemungkinan yang menjadi faktor anak malas belajar:

  • Kesulitan memahami materi
  • Kurang berminat terhadap topik yang dipelajari
  • Tidak nyaman dengan lingkungan belajar
  • Kelelahan
  • Terlalu banyak gangguan

Setelah Moms mengetahui penyebab anak malas belajar, Moms bisa menerapkan tip berikut untuk mengatasinya: 

Bangun komunikasi dengan anak 

Tujuan komunikasi ini adalah agar Moms paham betul apa yang menyebabkan anak malas belajar. Beri anak kesempatan untuk bercerita tentang apa yang ia rasakan terhadap proses belajar,  apa kendala yang ia hadapi, serta apa yang ia inginkan untuk membantunya belajar. 

Ajak anak menentukan tujuan belajarnya 

Sering kali anak menganggap belajar merupakan kewajiban semata, karena ia tidak mengerti makna dan manfaat dari materi yang ia pelajari. Oleh karena itu, Moms perlu membantu si Kecil untuk mengenali dulu tujuan belajarnya. Kalau bisa, kaitkan dengan cita-cita atau minat si Kecil. 

Kenali gaya belajar anak 

Dengan mengenali gaya belajar anak, orang tua akan lebih mudah memodifikasi materi dan sistem belajar agar sesuai dengan kebutuhan anak. 

Bimbing anak untuk menyusun sistem belajarnya sendiri 

Keterlibatan anak dalam penyusunan sistem belajar akan membuat ia lebih semangat dan bertanggung jawab. 

Buat suasana belajar menyenangkan 

Proses belajar si Kecil dapat berlangsung di mana pun, tidak hanya di ruang belajar saja. Moms  dapat mengajak anak ke museum untuk belajar sejarah, ke kebun binatang untuk belajar tentang flora dan fauna, atau ke pusat-pusat edukasi ramah anak lainnya. 

Hargai proses belajarnya 

Hindari terlalu fokus pada prestasi Orang tua perlu memberi penghargaan saat anak menunjukkan ketertarikan dan kemajuan dalam proses belajar, sekecil apa pun. Penghargaan terhadap proses belajar, bukan pada hasil, dapat membangun iklim belajar menyenangkan bagi si Kecil. 

Jadi role model

Dalam proses belajar, anak membutuhkan teladan dari orang tuanya. Saat memasuki waktu belajar, Moms perlu membangun iklim belajar di dalam rumah. Moms dapat mendampingi si Kecil belajar atau berada di dekatnya sambil membaca buku dan mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kantor. 

Pada dasarnya si Kecil bukan malas belajar, Moms. Mungkin cara mengajar atau metode pembelajarannya saja yang tidak sesuai dengan anak. Yuk, Moms, cari tahu lebih dahulu metode belajar yang anak sukai.