Camilan merupakan istilah bagi makanan yang bukan menu utama. Biasanya, camilan hanya untuk menghilangkan rasa lapar sementara, memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh, atau sesuatu yang dimakan untuk dinikmati rasanya. Jika sedang menjalani program hamil ada baiknya menganti camilan dengan yang lebih sehat atau yang mendukung kesuburan seperti pilihan di bawah ini: 

Kacang Kacangan 

Kandungan antioksidan di dalamnya mampu mencegah radikal bebas yang berbahaya bagi hormon reproduksi Moms. Selain itu, sumber protein nabati satu ini mengandung asam lemak omega-3, yakni asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kesuburan.Kacang-kacangan dan biji-bijian juga berkhasiat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan lebih fit dalam menjalani program kehamilan. Moms bisa memilih almond roasted, sangrai kacang tanah, jagung dan  kacang hijau. 

Aneka olahan susu 

Susu dan olahannya sangat penting untuk keberhasilan promil Moms karena tinggi lemak. Dengan minum susu dan olahannya, tingkat kegagalan ovulasi dalam sehari,  27% lebih rendah dibandingkan yang tidak mengonsumsi susu. Bagi Moms yang suka mengonsumsi susu rendah lemak, sebaiknya mulai tinggalkan jika ingin promilnya berhasil. Pasalnya, wanita  yang mengonsumsi produk olahan susu rendah lemak, dua kali lebih berisiko gagal dalam pembuahan. Jadi Moms bisa minum susu murni sebanyak 1-2 gelas sehari, yougrt serta keju . 

Sayuran hijau

Bayam, brokoli dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya kaya akan kandungan folat, yaitu vitamin yang dapat membantu meningkatkan proses ovulasi secara signifikan. Mintalah pasangan untuk mengkonsumsi sayuran hijau juga. Pria yang mengonsumsi folat dalam jumlah yang cukup, akan memiliki sperma yang lebih sehat. Selain itu, asupan folat juga membantu mengurangi masalah keguguran dan roblem genetik pada bayi. Pria yang mengonsumsi folat dalam jumlah banyak, akan terhindar dari produksi sperma yang abnormal. 

Pisang 

Nutrisi penting pisang: Vitamin B6. Vitamin B6 adalah salah satu vitamin yang paling penting dalam pembuahan karena vitamin ini berfungsi mengatur hormon. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan juga dapat menyebabkan pertumbuhan sperma dan sel telur terganggu. 

Jeruk

Sebuah penelitian dimana pria yang tidak subur diberi 1.000 mg vitamin C dua kali sehari, menemukan bahwa jumlah sperma dan motilitasnya (kemampuan sperma untuk bergerak dengan benar ke arah telur) meningkat. Jadi selama menjalani program kehamilan ada baiknya Moms dan pasangan mengonsumsi makanan yang meningkatkan kesuburan agar cepat mendapat positif . Sebaiknya hindari makanan junkfood, tinggi Msg dan berminyak . Semoga bermanfaat.