Pengertian program kehamilan secara singkatnya adalah suatu program yang dilaksanakan dengan tujuan akhir mendapatkan sebuah kehamilan. Di dalam pelaksanaan program hamil, kedua pasangan harus turut serta dalam menjalankan program tersebut. Bukan hanya Moms yang harus mengubah pola hidup,  tetapi Dads juga harus mengubah  pola hidup ke arah yang lebih sehat. 

Sangat banyak penelitian yang mengungkapkan penerapan pola hidup sehat akan berpengaruh terhadap peluang untuk memiliki anak. Pola hidup sehat yang harus diterapkan selain istirahat yang cukup serta rutin berolahraga adalah makanan. Kekurangan vitamin hingga zat gizi lainnya akan memengaruhi kualitas sel sperma. Kualitas sel sperma menjadi penting mengingat perannya yang vital dalam proses pembuahan. Perlu diketahui Moms, tidak semua makanan bagus untuk meningkatkan kualitas sel sperma. Berikut adalah beberapa makanan untuk meningkatkan kualitas sperma : 

Daging Sapi

Daging sapi memiliki kandungan selenium yang tinggi selain berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Selenium juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas sperma yakni selenium membantu untuk memaksimalkan pembentukan sperma hingga menghasilkan sperma lebih banyak. Tetapi perlu diketahui agar Dads mengonsumsi daging sapi tidak berlebihan. 

Tiram 

Hewan laut ini selain lezat di olah menjadi masakan ternyata juga memiliki kandungan seng di dalamnya. Seng disini berfungsi untuk membuat lapisan luar dan ekor sperma. Selain itu seng sangat penting untuk menjaga kesehatan sperma dan hormon reproduksi pria. 

Kacang-kacangan 

Selain rasanya yang gurih,  kacang juga sangat bermanfaat untuk kesehatan sperma lho,  Moms. Dikutip dari Wikipedia Indonesia kacang-kacangan mengandung serat pangan larut yang berfungsi untuk menekan kolesterol dalam darah. Kacang-kacangan juga mengandung protein, karbohidrat kompleks, folat, dan besi. Beberapa nutrisi penting di atas memiliki manfaat untuk melindungi sperma dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga integritas struktural sperma. 

Tauge 

Makanan ini pasti sangat sering Moms dengar,  bahwa tauge bisa membantu untuk meningkatkan kualitas sperma. Anggapan tersebut benar lho Moms. Tauge memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk melindungi sperma dari radikal bebas hingga memperbaiki sistem reproduksi pria. 

Telur 

Makanan ini sangat mudah ditemukan di mana saja. Selain rasanya yang enak,  harganya pun tidak terlalu menguras kantong. Tetapi di balik semua kemudahan itu ternyata telur memiliki banyak sekali nutrisi yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma. Sebagai salah satu sumber protein,  telur juga mengandung berbagai vitamin, kalsium, seng, dan asam folat. 

Seperti yang dikutip dari laman Fertility first,  asam folat membantu berhubungan langsung dengan peningkatan fragmentasi DNA dalam sperma dan kesehatan sperma yang buruk seiring dengan penurunan konsentrasi. Tetapi ketika mengonsumsi telur pastikan sudah dimasak hingga matang ya Moms. 

Sebagai calon ayah maka Dads juga harus memperhatikan asupan nutrisi seperti beberapa jenis makanan di atas untuk meningkatkan kualitas sperma. Dan jangan lupa selalu hidup sehat dan bersih, cukupi kebutuhan cairan, istirahat yang cukup dan tetap aktif setiap harinya.