Bagi Moms yang sedang menjalani program hamil. Selain memperhatikan pola nutrisi, Moms juga harus memiliki pola tidur yang baik untuk meningkatkan angka keberhasilan program hamil yang sedang Moms jalani. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pola tidur mempengaruhi kesuburan pria maupun wanita yang sedang melakukan program kehamilan. 

Pola tidur yang dianggap baik adalah sekitar 7-8 jam sehari untuk pria maupun wanita. Memiliki pola tidur yang baik, mampu mempengaruhi sekresi hormon kesuburan. Jika jam tidur terlalu lama atau sedikit, akan menurunkan tingkat  kesuburan. 

Memperbaiki pola tidur tidak hanya baik untuk meningkatkan kesuburan bagi Moms yang sedang berjuang untuk hamil, tetapi juga membuat Moms menjadi lebih produktif. Kegiatan sehari-hari yang terganggu karena pola tidur yang berantakan, akan menjadi lebih baik ketika Moms memiliki pola tidur yang lebih teratur. Berikut adalah beberapa tip memperbaiki pola tidur untuk meningkatkan kesuburan :

Tentukan jam bangun dan tidur

Menentukan jam bangun dan tidur adalah langkah awal untuk mengatur seberapa lama kita akan tidur. Salah satu teknik bangun lebih awal adalah dengan tidak menekan snooze pada alarm. Ketika alarm sudah berbunyi,  usahakan segera bangun dari tempat tidur dan tidak menekan snooze kemudian tidur kembali, hal tersebut akan membuat Moms menjadi lebih lelah. Menentukan jam tidur ini bisa dilakukan secara bertahap dan tidak secara spontan atau mendadak. Cara terbaik mengubah siklus tidur adalah mengurangi 15 menit setiap harinya.

Jauhkan alat komunikasi ketika ingin tidur 

Sekitar satu jam sebelum tidur, sebaiknya Moms menjauhkan layar HP. Peneliti mengungkapkan bahwa sinar biru yang terpancar dari layar selular mampu menipu mata dan otak kita seolah-olah hari masih siang dan seharusnya masih aktif.

Hindari makanan berat dan kafein 

Hindari makan berat ketika Moms ingin segera tidur dan mendapatkan pola tidur yang maksimal. Hindari mengonsumsi kafein dan nikotin ketika Moms akan segera tidur karena kafein masih bertahan di dalam tubuh sekitar 5-10 jam. Serta hindari alkohol karena alkohol merupakan depresan yang kerjanya memperlambat tubuh. 

Membuat kondisi tidur secara kondusif 

Perhatikan kebersihan tempat tidur hingga pencahayaan, karena  sangat mempengaruhi kualitas tidur moms. Aturlah suhu ruangan agar tubuh menjadi relaks saat tidur, pencahayaan ruangan yang disarankan adalah dengan meredupkan lampu.

Hindari berolahraga berat di malam hari 

Berolahraga, terutama yang memiliki ritme cepat akan membuat irama jantung menjadi cepat dan akan membuat Moms sulit tertidur. Sebaliknya,jika Moms hanya melakukan peregangan santai, maka Moms akan mendapatkan tidur yang lebih baik. 

Selamat mencoba ya Moms. Apabila Moms sudah menerapkan tip di atas, tetapi masih sulit untuk mengatur pola tidur,  sebaiknya  Moms berkonsultasi ke dokter.