Gairah seksual atau yang biasa juga disebut libido adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan dorongan untuk melakukan aktivitas seksual. Gairah seks bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya. Libido pun bisa naik dan turun,  dipengaruhi oleh kondisi fisik, stres, juga pengaruh obat-obatan tertentu. 

Baca Juga : Bolehkah Berhubungan Seks Saat Hamil?

Nah, kalau Moms sedang mencari cara menaikkan libido yang turun, selain menerapkan pola hidup sehat, Moms bisa mencoba daftar makanan untuk meningkatkan gairah seks berikut ini. 

Apel 

Apel adalah buah yang terkenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Nah, ternyata nih Moms, ada sebuah studi yang menemukan wanita yang mengonsumsi satu buah apel setiap harinya dilaporkan memiliki kehidupan seks yang lebih memuaskan. Walau begitu memang, studi ini hanya mencatat tentang korelasi apel dan kesehatan seksual yang lebih baik, bukan efek pasti meningkatkan libido wanita. Tapi, tidak ada salahnya bukan memasukkan apel ke dalam diet harian Moms. 

Kelabat 

Kelabat atau dalam bahasa Inggrisnya disebut fenugreek ini sangat terkenal di kalangan ibu-ibu sebagai booster ASI. Faktanya, kelabat juga memiliki efek positif untuk meningkatkan libido lho, Moms. Kelabat bisa ditemukan dalam masakan-masakan India dan Arab. Bentuk bubuk dan bijinya juga sering dijadikan minuman herbal. 

Ginseng 

Dalam sebuah studi kecil, ginseng dilaporkan memiliki efek meningkatkan gairah seks ketimbang plasebo. Tanaman herbal yang satu ini memang telah sejak lama digunakan sebagai tanaman obat yang bisa meningkatkan stamina dan kesehatan secara umum. 

Maca 

Tanaman yang merupakan tanaman asli dari Peru ini mendadak populer sejak gaya hidup sehat menjadi tren. Secara tradisional maca memang telah digunakan turun temurun sebagai makanan untuk meningkatkan gairah seks. Beberapa studi juga telah menyimpulkan maca memang memiliki potensi sebagai antidepresan yang bisa memperbaiki disfungsi seksual pada wanita. Moms bisa menambahkan maca ke dalam smoothies atau kue untuk menutupi rasa tanahnya. 

Saffron 

Rempah yang didapuk sebagai rempah termahal di dunia ini memang terkenal sebagai afrodisiak alami. Dalam sebuah studi disebutkan, wanita yang mengonsumsi saffron selama 4 minggu melaporkan peningkatan gairah seksual. Saffron bisa dikonsumsi sebagai konsumsi sebagai teh dengan madu sebagai pemanis alaminya. Meski warna seduhannya kuning, rasanya tawar kok, Moms. Jadi kalau pun tanpa madu, rasanya seperti minum air biasa saja. 

Selain mengonsumsi makanan untuk meningkatkan gairah seks di atas, Moms juga harus perhatikan kecukupan tidur dan manajemen stres untuk libido yang sehat. Sesekali turun itu wajar kok, Moms. Tapi kalau berkepanjangan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, ya!

Baca Juga : Apakah Fetish Termasuk Perilaku Seksual Menyimpang?