Rutinitas yang telah dijalankan lama akan berubah menjadi sebuah kebiasaan, dan biasanya sesuatu yang telah menjadi kebiasaan akan sulit untuk diubah. Usia dini adalah usia di mana kita mulai membangun rutinitas dan disiplin pada anak. Oleh karenanya, menanamkan kebiasaan yang sehat pun harus dimulai sejak si buah hati masih kecil. Semakin awal anak terekspos pada kebiasaan sehat, maka kemungkinan kebiasaan itu terbawa hingga dewasa akan semakin besar, dan resistansi anak menghadapi kebiasaan buruk akan lebih kuat. Nah, apa saja sih kebiasaan sehat pada anak sejak dini yang harus Moms kenalkan pada anak? Mari kita simak ulasannya berikut ini. 

Mencuci tangan 

Di tengah pandemi seperti sekarang, kebiasaan untuk mencuci tangan dengan benar bisa menghindarkan anak dari berbagai macam infeksi bakteri dan virus. Biasakan anak untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun setelah dari kamar mandi, bermain di luar, menyeka ingus, dan sebelum makan, serta ketika akan memegang area wajah.

Baca Juga: Cara Cuci Tangan yang Benar

Makan berwarna-warni 

Bukan makanan yang menggunakan pewarna ya Moms, melainkan buah dan sayur yang bervariasi warna dan bentuknya. Biasakan menawarkan si Kecil variasi makanan yang berbeda warna dan jelaskan dalam bahasa sederhana mengapa mereka baik untuk tubuhnya. Kebiasaan makan yang sehat akan membantu si Kecil untuk tumbuh dengan baik dan terhindar dari berbagai macam risiko kesehatan di masa depan. 

Membiasakannya aktif 

Tidak semua anak senang berolahraga. Walau begitu Moms bisa meminta anak untuk memilih satu aktivitas fisik yang disenanginya dan rutin melakukannya setiap hari. Jika dia belum menemukan favoritnya, paparkan dia ke berbagai aktivitas olahraga seperti bersepeda, berenang, atau lari, dan niscaya setelah mencoba banyak hal dia akan menemukan kesukaannya. 

Rutin membaca 

Lima belas menit setiap hari membaca bersama anak sudah cukup lho, Moms! Membaca akan memperkaya khazanah kosakata anak dan mengembangkan kemampuan literasinya. Tidak harus menunggu anak bisa membaca, tapi Moms bisa rutin membacakan nyaring pada anak, bahkan sejak dia masih di dalam kandungan. Anak belajar lebih banyak dari teladan orang tuanya. Jadi, jika ingin si Kecil mengembangkan kebiasaan sehat sejak dini, Moms dan Dads juga harus menjadi contoh yang sehat pula. 

Baca Juga: Mengenal "Read Aloud" dan Manfaatnya