Saat anak demam dan rewel, seringkali membuat para Moms kewalahan dan sulit berpikir jernih. Rasa kasihan ditambah kelelahan karena mengasuh anak yang sedang sakit membuat banyak Moms buru-buru memberikan pereda panas seperti ibuprofen atau paracetamol pada anak. Padahal, tahukah Moms, demam itu adalah sesuatu yang baik, lho. 

Dikutip dari laman Milissehat yang diasuh oleh dokter anak senior dr. Purnamawati, Sp.A (K), MMPed, demam bukanlah penyakit. Demam merupakan gejala. Demam dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan infeksi apa pun yang sedang menyerang. Makanya, kalau Moms buru-buru menekan gejala demam si Kecil dengan menggunakan obat-obatan, justru akan bersifat kontraproduktif. Terus bagaimana, dong? Nah, ayo disimak tip menurunkan demam secara alami berikut ini

Cairan, cairan, cairan 

Saat anak demam, tubuhnya akan kehilangan banyak cairan, dan berisiko membuat anak dehidrasi. Dehidrasi ini justru lebih berbahaya ketimbang demam itu sendiri, Moms. Anaknya malas minum? Moms bisa mengakali dengan memberikan air hangat dicampur madu, atau jus yang diencerkan, atau oralit, atau air kelapa, atau boleh juga kaldu. Moms juga bisa mendinginkan air di kulkas atau membuatnya jadi es serut. Yang penting ada asupan cairan, Moms. 

Istirahat 

Saat tubuh sakit, tubuh akan fokus menghancurkan patogen yang menyerang. Untuk mengurangi beban sistem imunitas yang sedang berjuang, anak harus dikondisikan agar bisa istirahat. Seperti yang ditulis dalam laman Milissehat, anak tidak harus tidur berbaring terus, tetapi diusahakan untuk tidak melakukan aktivitas yang berlebihan. 

Kenakan Pakaian yang Tipis 

Pakaian yang tebal akan menghalangi panas tubuh untuk keluar sehingga akan membuat suhu tubuh semakin tinggi. Pakaikan pakaian yang tipis dan menyerap keringat dan tempatkan anak di ruang berventilasi baik. 

Pereda Demam Alami 

Dalam blog pribadi dr. Ana Maria Temple, seorang dokter anak holistik yang berdomisili di North Carolina, US, disebutkan bahwa ada beberapa minyak esensial yang memiliki khasiat pereda nyeri dan menurunkan demam, seperti minyak peppermint, eucalyptus, tea tree, lavender, frankincense, lime atau lemon. Jika suhu anak sangat tinggi, Moms bisa juga mengompres anak dengan air hangat, bisa dengan cara diusap, bisa juga dengan mengajak anak berendam di bak berisi air hangat yang dicampurkan dengan garam epsom agar anak relaks. Kuncinya, jangan panik ya, Moms! Selagi tidak ada tanda kegawatdaruratan, tidak perlu buru-buru ke dokter. Jangan lupa juga untuk selalu gunakan obat secara rasional ya, Moms.