Tidak ada tolak ukur pasti untuk mengukur tingkat kecerdasan anak. Namun, secara keseluruhan seorang anak dikatakan cerdas ketika mampu berpikir dan belajar lebih baik dan lebih cepat dibanding anak seusianya. 

Tak hanya tingkat IQ yang tinggi, anak-anak cerdas memiliki kemampuan membuat terobosan baru, kreatif, dan memanfaatkan kecerdasannya untuk hal yang produktif. 

Meskipun sulit untuk mendefinisikan seorang anak yang cerdas, ada beberapa tanda yang terlihat pada anak-anak cerdas, Moms. Jika si Kecil dianugerahi kecerdasan, tandanya akan terlihat sejak masih bayi.

Kemampuan komunikasi dan bahasa yang luar biasa

Bayi mampu mengeluarkan berbagai jenis suara, mulai dari degukan, kikikan, hingga tangisan, dan biasanya mengucapkan kata pertama saat usia 12 bulan. Jika si Kecil sudah mampu membentuk kalimat sebelum usia 14 bulan, dan tertarik pada kata-kata dan buku, bisa jadi merupakan tanda bahwa si Kecil berbakat. Beberapa bayi bahkan mampu mengikuti dan memahami arahan verbal.

Baca Juga : Tahapan Perkembangan Bahasa Bayi

Memiliki emosional yang kuat

Bayi yang memiliki kecerdasan juga memiliki emosional yang kuat. Artinya, si Kecil akan merasakan emosi, baik positif dan negatif dengan kuat, juga memiliki pemikiran yang kompleks dan matang. Jika bayi memilikinya, Moms dapat melihat tanda bahwa si Kecil merasa “terhubung” secara kuat dengan orang atau hewan peliharaan.

Mampu fokus dalam waktu yang lama

Anak biasanya memiliki rentang perhatian yang singkat, sekitar 10 – 15 menit, dan mudah terdistraksi oleh suara atau gerakan di sekitarnya. Sementara anak yang cerdas, mampu fokus dalam waktu yang lebih lama, bahkan sebelum menginjak usia 6 bulan. Aktivitas seperti mencocokkan bentuk dan warna juga lebih mudah ia lakukan, ketika usianya 10 atau 11 bulan.

Mencapai tahap tumbuh kembang lebih cepat

Tahap tumbuh kembang tiap anak berbeda-beda, Moms. Jika si Kecil sudah mampu duduk sendiri saat masih berusia beberapa bulan, atau memegang benda, bisa jadi ini merupakan tanda anak memiliki perkembangan yang lebih cepat dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Baca Juga : Manfaat Membacakan Dongeng Sebelum Tidur

Memiliki imajinasi yang kuat

Jika anak suka membuat cerita atau bermain bersama teman imajinernya, bisa jadi salah satu tanda bahwa anak Moms adalah seorang cerdas karena berkaitan dengan kreativitas anak. 

Baca Juga : Anak Memiliki Teman Imajiner, Normalkah?

Keras kepala

Walau terkadang menyebalkan, sifat keras kepala merupakan tanda keteguhan hati. Sifatnya ini membuat si Kecil mencoba dan bernegosiasi dengan Moms untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Ini merupakan salah satu tanda si Kecil memiliki kecerdasan.

Memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah

Jika si Kecil tidak mudah menyerah, bahkan mencari cara untuk menyelesaikan masalahnya, seperti memanjat kursi untuk menggapai snack di lemari bagian atas, artinya si Kecil diberkahi oleh kecerdasan yang lebih.