Moms mungkin cukup familiar dengan snack/camilan rumput laut atau nori yang renyah, sebagian anak-anak juga sangat menyukai camilan ini. Rasanya yang asin, renyah, umami, serta warna hijaunya bisa menjadi beberapa faktor mengapa anak-anak menyukainya. Di sisi lain, Moms pun cenderung mengizinkan anak makan nori dibandingkan snack dan ciki lainnya. 

Benar, rumput laut baik untuk anak-anak karena mengandung banyak vitamin A, B, dan C, juga tinggi zat besi, kalsium, magnesium serta mengandung sifat anti-inflamasi, protein, serat, dan EPA pada setiap gigitan. Namun, fakta menunjukkan bahwa konsumsi yodium dalam camilan nori berlebihan dapat meningkatkan risiko hipertiroidisme, jadi pastikan untuk mengontrol konsumsi camilan nori pada anak ya, Moms, jangan sampai berlebihan.

Baca Juga: Manfaat Sup Rumput Laut Korea Setelah Bersalin

Nori bisa dijadikan sebagai camilan sehat untuk anak. Misalnya dengan membuat camilan dari rumput laut dengan memanggang beberapa lembar besar nori dengan satu sendok makan minyak zaitun atau minyak wijen dan taburi garam di atasnya.

Bisa juga dengan menggunakan nori tanpa perasa tambahan untuk membuat sushi atau onigiri (bola nasi) dengan menggulung beberapa potong lauk dan sayur, serta nasi ke dalam lembaran nori panggang.

Jika melihat sejarah, rumput laut sudah dijadikan menu makanan di Cina sejak 2000 tahun yang lalu karena mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat rumput laut untuk anak:

Memberikan nutrisi penting

Anak terus tumbuh dan berkembang, sehingga membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh kuat dan sehat. Dari 21 jenis rumput laut yang ada, nori adalah pilihan yang tepat karena kaya akan vitamin A, B1, B2, dan C, yodium, serta protein. Jenis rumput laut dulse juga baik untuk si Kecil karena mengandung protein, zat besi, magnesium, dan beta-karoten yang tinggi.

Membantu dalam pembekuan darah

Rumput laut kaya akan vitamin K, yaitu nutrisi yang dapat larut dalam lemak. Vitamin K membantu trombosit, yaitu sel yang mampu membekukan darah. Anak-anak cenderung lebih sering jatuh dan melukai dirinya, inilah pentinya fungsi ini, Moms, untuk mencegah pendarahan berlebihan saat anak terluka. 

Baca Juga: Camilan Sehat untuk Anak yang Suka Manis

Menjaga kekuatan tulang dan gigi

Anak perlu memiliki tulang dan gigi yang sehat. Rumput laut merupakan sumber yang kaya kalsium, sehingga membantu menjaga kekuatan tulang dan gigi anak. Kalsium juga penting membantu kontraksi otot dan fungsi sistem saraf.

Sumber energi

Usia anak-anak adalah usianya aktif, itulah mengapa anak membutuhkan banyak energi. Rumput laut mengandung banyak zat besi yang membantu tubuh menghasilkan energi untuk aktivitas sehari-hari, serta menjaga sistem peredaran darah.

Mencegah anemia

Anemia yang disebabkan kurangnya zat besi dalam tubuh muncul ditandai dengan kekurangan energi, sesak napas, dan kulit yang pucat. Rumput laut yang kaya akan zat besi dapat membantu mencegah anemia pada anak.

Menyehatkan usus

Kandungan serat dalam rumput laut dapat menyehatkan usus dan pencernaan secara keseluruhan, serta mencegah sembelit.

Mencegah infeksi

Sifat antibakteri, antivirus, dan anti-radang/anti-inflamasi membantu menjauhkan anak dari infeksi dan alergi pada anak, sehingga mencegah peradangan atau gatal-gatal pada kulit. 

Rumput laut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan anak, terutama jika diolah secara alami, Moms. Namun, jika si kecil hobi makan camilan nori, usahakan untuk tidak mengonsumsi lebih dari satu bungkus sehari karena snack kemasan cenderung telah melalui pemrosesan tinggi yang tidak baik bagi kesehatan.

Baca Juga: Makanan Ultraproses dan Bahayanya Bagi Kesehatan