Sensory play merupakan jenis permainan yang melatih koordinasi antara indera si Kecil. Permainan ini juga melatih konsentrasi hingga keseimbangan si Kecil. Sensory play tidak hanya menyenangkan, tapi juga sangat berguna untuk melatih motorik kasar maupun halus anak. 

Alat permainan untuk sensory play tidak harus mahal. Banyak hal sederhana yang bisa Moms manfaatkan sebagai alat permainan ini, salah satunya adalah bahan makanan yang tersedia di rumah Moms. Menggunakan bahan makanan sebagai media sensory play tidak hanya menghemat pengeluaran, juga sangat aman untuk si Kecil. Sering kali para orangtua menjadi khawatir ketika si Kecil bermain,  terutama bila anak masih di fase teething yakni fase anak sedang gemar memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya. 

Selain aman jika tertelan dan hemat, ada keunggulan lain yang didapatkan jika menggunakan bahan makanan sebagai media permainan ini yakni ramah lingkungan. Bahan makanan yang mudah terurai dan tidak mengandung zat kimia sangat pas untuk dijadikan sensory play. Tetapi tidak semua bahan makanan bisa Moms gunakan untuk media pemainan ini ya. Berikut adalah bahan makanan yang cocok untuk sensory play si Kecil: 

Biji-bijian atau kacang kacangan 

Bentuk dari biji-bijian dan kacang-kacangan yang kecil membuat si Kecil menjadi ketagihan saat memainkannya.Moms bisa mengajarkan anak memindahkan biji-bijian atau kacang-kacangan menggunakan tangan. Setelah anak mahir memindahkan dengan tangan, Moms bisa mengajarkan si Kecil untuk memindahkan biji-bijian atau kacang-kacangan dengan menggunakan sendok. Agar lebih menarik perhatian si Kecil, Moms bisa memberikan pewarna makanan pada biji-bijian dan kacang-kacangan yang memang dikhususkan untuk media sensory play si kecil. Walaupun aman,  Moms harus tetap mengawasi si Kecil saat bermain agar tidak masuk ke hidung, telinga atau tersedak. 

Mie atau pasta 

Bentuk yang kenyal dan memanjang membuat si kecil sangat tertarik bermain menggunakan pasta dan mie. Bentuk pasta yang beraneka ragam menarik perhatian si Kecil. Agar si Kecil semakin tertarik, Moms bisa memberikan pewarna makanan pada pasta atau mie yang akan digunakan sebagai media sensory play. Ide permainan menggunakan mie dan pasta yaitu mengajarkan anak memindahkan pasta atau mie dari satu tempat ke tempat yang lain. Selain itu, Moms bisa mengajarkan anak meronce dan belajar mengelompokkan pasta berdasarkan bentuk dan warna. Moms bisa merebus pasta terlebih dahulu atau menggunakannya tanpa direbus. 

Agar-agar 

Tekstur yang mudah hancur dan biasanya berwarna warni membuat si Kecil geli sekaligus tertarik untuk bermain menggunakan agar-agar. Cara permainannya adalah ajarkan si Kecil untuk menghancurkan agar-agar. Moms juga bisa meletakkan mainan kesukaan anak ke dalam agar-agar dan ajarkan si Kecil menyelamatkan mainan tersebut dengan cara menghancurkan agar-agar. 

Bahan makanan di atas sangat mudah Moms temui di rumah. Namun, Moms tetap harus mengawasi si Kecil saat bermain ya. Selamat bermain Moms