Anak dekat dengan Moms, merupakan  hal yang wajar. Namun, Moms juga tentu ingin anak juga bisa dekat dengan ayahnya. Tahukah Moms, tidak bisa dipandang sepele, peran ayah sangat penting terhadap pertumbuhan mental anak  ketika ia dewasa. Dan, kedekatan anak dengan ayahnya perlu ditanamkan sedini mungkin. 

Bagaimana caranya meningkatkan hubungan ayah dengan anak?  Beberapa cara berikut ini mungkin bisa Moms terapkan.  

Biasakan ayah menggendong si Kecil 

Jangan halangi ayah untuk menggendong si Kecil. Karena kata orang Jawa,  "mambune ayah",  dan anak yang digendong ayahnya akan merasa nyaman dan dilindungi 

Sering-sering ayah mengajak  bicara anaknya

Meski anak mungkin belum mengerti apa yang ayah katakan, namun anak bisa memberi reaksi dengan tersenyum atau tertawa. Ayah bisa membicarakan apa saja, tentang kesehariannya atau hal-hal yang ringan lainnya.  

Ajak main anak sesering mungkin

Karena anak senang sekali diajak main,  meskipun masih newborn ia akan mengingat dengan jelas siapa yang mengajak main dirinya. Jadi, semakin sering ayah mengajak main, ingatan anak tentang ayah akan terus melekat.

Minta ayah untuk memandikan anak 

Bukan hanya Moms, ayah juga bisa ikut mengambil tugas memandikan anak. Ajak main air anak di bak mandi adalah salah satu cara menjalin kedekatan ayah dengan anak. 

Perbanyak waktu bersama anak

Untuk ayah yang selalu kerja di luar kota, bisa meningkatkan hubungan jarak jauh dengan cara sesering mungkin melakukan video call. Setidaknya dengan mendengar suara ayahnya saja si anak akan merasa dekat. 

Arahkan anak untuk dekat dengan ayahnya

Banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk mengarahkan anak untuk dekat dengan ayahnya, seperti mendengarkan cerita dongeng dari ayah.  Atau jika ayahnya mengaji, si anak selalu ikut mendengarkan. Meskipun anak kecil tidak mengerti,  tapi dia akan  merasakan kedekatan tersebut. 

Menemani anak pada malam hari

Jika sepanjang hari Moms yang merawat dan menemani si Kecil, ketika malam hari giliran ayah yang menemani jika anak terbangun di tengah tidurnya. Sekaligus memberikan ASIP-nya dan menimangnya sampai anak tertidur kembali. 

Memeluk si anak dengan erat

Memeluk anak seerat mungkin akan meningkatkan bonding dengan anak.

Skin to Skin

Menggenggam tangan anak, menempelkan pipi anak ke pipi ayah adalah contoh skin to skin yang akan membuat anak merasa  nyaman, tenang dan merasa dekat. 

Semoga cara-cara ini bisa Moms terapkan ya, sehingga hubungan ayah dan akan semakin dekat. Semoga sehat selalu semuanya