Perjalanan merupakan salah satu pengalaman yang menyenangkan dan berkesan bagi anak. Di sisi lain, terkadang cukup melelahkan bagi Moms saat memastikan anak tidak rewel selama perjalanan. Selain membawa boneka, mainan, atau buku favoritnya, Moms bisa menyiapkan bekal atau camilan agar ia menikmati perjalanan. Namun jenis bekal apa yang cocok untuk anak selama perjalanan?

Baca Juga: Tip Mengatasi Anak yang Mabuk Perjalanan

Untuk perjalanan jauh, sebaiknya siapkan bekal dan camilan yang praktis agar tidak merepotkan Moms, tak lupa pilih makanan yang sehat dan bergizi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si Kecil, terutama di perjalanan, makanan yang sederhana, serta mudah disimpan dan dibawa.

Granola bars

Snack granola bars yang rendah gula dan berserat tinggi merupakan pilihan tepat untuk camilan anak selama perjalanan. Bentuknya yang praktis juga mudah dibawa dan dikonsumsi anak. Granola biasanya terbuat dari gandum, biji rami, biji chia, dan almond, yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, misalnya menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, menjaga kesehatan usus, hingga tinggi antioksidan. Granola bars juga cukup mengenyangkan sehingga cocok untuk dikonsumsi saat perjalanan panjang, Moms. Walau begitu, tetap konsumsi secukupnya ya, Moms, karena granola juga tinggi kalori, lemak, dan gula tambahan.

Bento

Bekal nasi dan lauk ala Jepang ini juga bisa menjadi pilihan untuk dibawa saat perjalanan jauh. Selain pilihan lauk yang lebih sehat dan ekonomis, menyiapkan bento untuk perjalanan juga bisa Moms kreasikan dengan karakter kesukaan anak. Menurut Barbara Holthus, wakil direktur German Institute untuk Kajian Jepang di Tokyo, bento adalah ekspresi cinta seorang Ibu kepada anak, melalui komitmen waktu dan pikiran untuk membuat bento yang sehat dan kreatif. 

Baca Juga: Tips Tetap Tenang Saat Perjalanan Jauh

Buah-buahan segar

Buah yang kaya serat dan vitamin dapat menyegarkan dan sehat di perjalanan jauh, misalnya apel, pisang, semangka, anggur, atau melon. Sebelum berangkat, potong-potong buah dan letakkan dalam wadah tertutup dan kedap udara.  

Telur rebus

Telur mengandung nutrisi dan manfaat bagi kesehatan anak, terutama protein, omega-3, vitamin B-12, asam folat, dan vitamin D. Merebusnya untuk dibawa saat perjalanan jauh bisa jadi salah satu pilihan. Namun pastikan si kecil tidak alergi telur ya, Moms. 

Smoothies dan jus

Menyediakan air putih yang cukup selama perjalanan adalah hal yang tak boleh terlupakan agar tidak dehidrasi, Moms. Selain itu, Moms juga bisa membawa minuman sehat lainnya agar Si Kecil tidak bosan, seperti smoothies atau jus buah. 

Cheese-stick/kacang-kacangan

Camilan satu ini cenderung disukai anak-anak, juga dikemas dalam porsi yang pas dan cukup untuk anak. Satu porsinya mengandung 10 hingga 20 persen kalsium harian yang dibutuhkan anak, sesuai rekomendasi USDA.

Yogurt 

Yogurt yang praktis bisa dikonsumsi langsung, bisa juga dijadikan sebagai tambahan untuk potongan buah. Yogurt juga mengandung nutrisi penting untuk anak, terutama protein, kalsium, vitamin B12, dan fosfor.

Baca Juga: Yogurt untuk Bayi, Amankah?

Saat melakukan perjalanan bersama keluarga, membawa makanan yang tepat adalah hal yang penting, Moms. Menurut Skylar Nelson, ahli gizi, tujuan utama camilan yang sehat adalah keseimbangan antara karbohidrat sehat dan protein, karena membantu mengatur gula darah dan menjaga anak tetap kenyang selama perjalanan sampai makan berikutnya.