Bila Moms dan Dads  atau orang dewasa lainnya yang ikut (seperti pengasuh anak) dalam liburan kali  ini belum divaksinasi, sebaiknya tunda rencana travelling hingga semuanya mendapatkan vaksinasi penuh. 

Orang dewasa yang belum divaksinasi atau belum sepenuhnya divaksinasi itu berisiko memaparkan virus COVID-19  pada si Kecil yang belum divaksinasi. Selain itu, berikut hal-hal lainnya yang harus dilakukan untuk keamanan si Kecil yang belum divaksinasi: 

Pertimbangan risiko keamanan  si Kecil

Berikut beberapa gambaran risiko  yang akan dihadapi si Kecil yang belum divaksinasi sewaktu bepergian, mulai dari risiko cukup aman hingga berisiko tinggi. Cek dan pertimbangkan risiko keamanannya agar si Kecil yang belum vaksinasi ini tidak terinfeksi. 

Pertemuan atau paparan dengan orang lain selama perjalanan

Risiko cukup aman jika: 

Risiko kurang aman jika:

Berisiko tinggi jika:

Angkutan/transportasi

Di saat perjalanan mobil berhenti di sepanjang jalan untuk mengisi bensin, makan, atau membersihkan diri di   kamar mandi dapat membuat Moms dan keluarrga  bisa terkena COVID-19. Misalmya dengan melakuan kontak dengan orang lain atau  menyentuh permukaan, seperti lift, tangga, wastafel yang mengandung virus COVID-19. 

Bepergian dengan bus dan kereta api untuk waktu yang lama membuat aturan social distancing  jarak 2 meter, juga buyar. Jika memilih untuk bepergian dengan bus atau kereta api, pelajari segala hal yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dan keluarga di transportasi umum.

Naik pesawat pun membuat keluarga, khususnya si Kecil yang divaksinasi berisiko terpapar dengan orang atau dari berbagai benda  atau tempat yang disentuh. Bukan hanya di dalam pesawat, di terminal bandara, lounge, area menunggu keberangkat, atau toilet umum

Sebagian besar virus dan kuman lain tidak mudah menyebar sebenarnya di dalam penerbangan, karena sistem sirkulasi dan penyaringan udara di dalam pesawat. Namun, menjaga jarak sulit dilakukan pada penerbangan yang padat. Duduk, terkadang berjam-jam, dapat membuat lebih mungkin terkena COVID-19.

Untuk transportasi atau angkutan, ini risiko bagi si kecil yang belum divaksinasi yang perlu Moms pertimbangkan: 

Risiko cukup aman jika:

Risiko kurang aman jika: 

Risiko tinggi jika: 

Akomodasi

Periksa praktek atau langkah  pencegahan COVID-19  yang diterapkan pada akomodasi sebelum memutuskan untuk menginap di sana. Terkait akomodasi, berikut risiko bagi si kecil yang belum divaksinasi yang perlu jadi pertimbangan: 

Risiko cukup aman jika:

Risiko kurang aman jika:

Risiko tinggi jika:

Makanan

Sebelum bersantap di restoran, periksa langkah dan prakter pencegahan COVID-19 pada restoran tersebut. Terkait makanan, berikut risiko bagi si Kecil yang belum divaksinasi yang perlu jadi pertimbangan

Risiko cukup aman jika: 

Risiko kurang aman jika: 

Risiko tinggi jika: 

Berlibur bersama keluarga di masa pandemi membuat Moms juga harus ekstra membawa tisu disinfektan, hand sanitizer, sabun, ekstra baju ganti untuk seluaruh keluarga. Dan, tak lupa disinfectan spray untuk menyemprot bakteri di mobil atau kamar penginapan. 

Baca Juga :Cek Ini! Sebelum Pergi Berlibur bersama Keluarga saat Pandemi