Ketika baru lahir organ-organ pada tubuh bayi belum dapat berfungsi secara sempurna. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, maka organ-organ tersebut juga berkembang agar dapat berfungsi dengan maksimal. Salah satu organ yang belum sempurna saat lahir adalah mata. Jadi, tak perlu panik ya Moms ketika mengamati mata buah hati yang baru lahir nampak berbeda. Yuk, kenali beberapa ciri mata bayi baru lahir

-Belum bisa fokus.

Mata bayi baru lahir umumnya belum bisa fokus. Penyebabnya, otot matanya belum matang sehingga posisi bola mata belum dapat berada tepat di tengah mata. Jarak penglihatan bayi baru lahir kurang lebih hanya sekitar 20 cm saja. Jadi, jangan kaget bila pada satu sampai dua minggu di awal kelahirannya, bayi tampak lebih tertarik dengan mainan yang ada di depannya, pada usia tiga bulan, mata bayi sudah dapat fokus.

-Mata sembab

Mata yang tampak membesar, bengkak dan sembab bisa disebabkan adanya tekanan saat bayi melewati jalan lahir. Bahkan sebagian bayi sampai tidak bisa membuka matanya. Namun, tak perlu khawatir, karena umumnya akan pulih, hingga sekitar 1-2 bulan di awal kelahirannya.

-Mata merah

Mata tampak merah adalah hal yang umum pada bayi baru lahir, karena ada pembuluh darah kecil di mata yang pecah sehingga menimbulkan garis merah di bagian putih mata.Ini bukan kerusakan yang permanen. Mata merah ini akan berangsur hilang dalam 2-3 minggu.

-Juling

Mata bayi yang baru lahir bisa tampak juling seperti keluar dari garis mata. Ini terjadi karena ada lipatan-lipatan di sekitar kelopak mata bagian atas.Ini akan berlangsung sekitar 2-3 bulan. Dengan berkembangnya struktur wajah, kondisi tersebut akan hilang dengan sendirinya.

-Tidak mengeluarkan air mata ketika menangis

Di awal kelahirannya, bayi baru lahir, ketika menangis, tidak mengeluarkan air mata. Air mata baru di produksi ketika usia 1-3 bulan.

-Gerakan Mata Tak Searah

Awalnya, mata bayi bergerak seakan tidak dalam satu arah yang sama antara mata kanan dan kiri. Hal ini wajar. Mata bayi mulai berfungsi normal seiring perkembangan saraf dan otot mata. Gerakan mata bayi akan lebih terkoordinasi saat usia 3-4 bulan.

-Mata Belekan

Penyebabnya, terjadi kontak dengan kuman pada jalan lahir saat proses persalinan. Penanganan: bersihkan dengan kapas yang telah dibasahi air matang. Biasanya akan hilang dalam waktu kurang dari seminggu. Namun, bila belekan berwarna kuning kehijauan dan tampak berlebihan, sebaiknya periksakan anak ke dokter.