Bermain di rumah bersama anak-anak kadang butuh ide yang luar biasa banyak biar enggak gampang bosan. Sering enggak sih,  Moms kehabisan ide untuk bermain? Padahal mainan di rumah banyak tapi kok, selalu kurang ya? Nah, daripada beli mainan baru, lebih baik membuat mainan sendiri, Moms. Selain hemat biaya, Moms juga bisa membangun kedekatan bersama anak. Tidak hanya itu, Moms, anak-anak juga akan belajar menghargai proses membuat mainan yang butuh waktu,  dan membantu mereka untuk mengasah kreativitas. 

Bagaimana dengan bahan-bahannya? Banyak pilihan yang mudah didapat di sekitar kita, bahkan bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah, Moms. Paper Spinner Familia Kreativa memberikan tip membuat mainan ini melalui akun instagramnya. Dengan alat dan bahan yang mudah didapatkan, Moms bisa membuat mainan seru untuk anak-anak, lho. Berikut ini beberapa mainan yang bisa Moms buat sendiri di rumah. 

Paper spinner

Alat dan bahan: kardus, koin, alat warna, gunting, dan cutter. 

Cara membuat: Buatlah lingkaran pada kardus. Guntinglah pola lingkaran yang sudah dibuat.  Mulailah menghias kardus tersebut dengan aneka warna. Siapkan koin untuk disimpan di tengah kardus lingkaran tersebut. Kerat dan lubangi dengan cutter dan masukan koin di antaranya. Taraaaa...paper spinner siap dimainkan. 

Cara bermain : Putarlah paper spinner tersebut, buatlah seimbang agar perputarannya lebih lama. 

Dalam proses pembuatannya libatkan anak juga ya, Moms. Biar tambah seru dan mengajari mereka juga bahwa untuk membuat mainan juga butuh proses. Jika anak di rumah masih kecil, maka perlu didampingi untuk penggunaan benda-benda tajamnya seperti gunting dan cutter. Tetap diawasi ya, Moms. 

Salju buatan 

Pengin merasakan asyiknya bermain salju? Moms bisa bikin sendiri di rumah, nih. Myriam Sandler melalui akun instagram Mothercloud membagikan tip membuat salju sendiri di rumah. Hasilnya juga tahan sampai berbulan-bulan, lho. Cobain, yuk! 

Alat dan bahan: 

1 cup baking soda 

1/2 cup gula pasir

 1/2 cup tepung jagung 

1 sdm cream of tartar 

4 sdm air, pisahkan 

Mangkuk sedang 

Pengaduk (whisk).

Cara membuat: Masukkan baking soda, gula, tepung jagung dan cream of tartar ke dalam mangkuk. Campur sampai rata. Tambahkan 2 sdm air dan aduk menggunakan pengocok. Jika perlu, tambahkan 2 sdm air lagi dan aduk rata menggunakan pengocok. Moms harus membuat teksturnya lembut seperti salju. Masukkan ke dalam wadah kedap udara lalu simpan di dalam kulkas sampai dingin. Keluarkan dari kulkas dan selamat bermain salju, Moms. 

Tip penyimpanan: Masukkan salju buatan tersebut dalam kantong zip lock atau wadah kedap udara. Kemudian simpan di kulkas. Keluarkan jika ingin dimainkan. 

Bagaimana, Moms? Sudah siap untuk bermain dengan anak-anak lagi? Selamat mencoba ya.