Di masa pandemi seperti ini, anak-anak jadi seharian menghabiskan waktunya di rumah, termasuk sekolah. Mereka harus melakukan sekolah virtual. Bisa dibayangkan ya Moms jenuhnya mereka. Akhirnya Moms juga ikut jengah ya. Pada akhirnya, jatah screen time jadi agak diberi kelonggaran. 

Sebenarnya, memberi lebih banyak waktu screen time pada anak enggak sepenuhnya salah, kok Moms. Di masa seperti ini, kita tak bisa sepenuhnya menjauhkan anak dari layar. Hanya saja yang bisa kita lakukan adalah memberi batasan sesuai dengan usianya. 

Baca Juga : 4 Cara Jadikan TV sebagai Alat, Bukan Jerat

Tidak hanya itu, Moms kita juga bisa ikut menemani anak-anak saat menonton. Seperti yang ditulis oleh Kids Health, salah satu tip bagi orangtua yang ingin memberikan jatah screen time, yakni temani anak-anak ketika sedang menonton atau bermain game di depan monitor. 

Ajak mereka untuk berinteraksi dan mendiskusikan apa pun yang berkaitan dengan aktivitas mereka di depan monitor. Moms bisa coba menonton film atau serial yang ada di Netflix khusus kategori anak-anak, lho! Ada beberapa film rekomendasi yang bisa ditonton bareng anak-anak. Di antaranya adalah sebagai berikut: 

Ask The StoryBots 

Ask The StoryBots adalah serial animasi anak-anak yang mengambil karakter dari web pendidikan StoryBot. Serial ini meliputi lima makhluk kecil yang selalu penasaran. Beep, Bo, Bang, Bing, dan Boop melakukan petualangan menyenangkan untuk membantu menjawab pertanyaan anak-anak, seperti "kenapa saya harus menyikat gigi saya?" atau dari mana permen berasal.  WIRED menetapkan Ask The StoryBots sebagai tayangan anak terbaik di Netflix. Jadi, Moms sudah nonton belum? Bukan cuma filmnya, lagu-lagunya juga asik didengarkan, lho! 

The Magic School Bus Ride Again 

Serial ini diadaptasi dari buku dengan judul yang sama. Ms. Frizzle mengajak kita untuk berpetualang ke berbagai tempat untuk belajar sains. Pengemasannya sangat menarik. Decider juga merekomendasikan serial ini untuk ditonton anak-anak. 

Baca Juga : 4 Rekomendasi Film Keluarga yang Baik untuk Anak

Green Eggs and Ham 

Moms pembaca buku-buku Dr. Seuss? Tentu tidak asing lagi kan dengan judul ini? Iya, Green Eggs dan Ham adalah animasi yang diadaptasi dari buku karya Dr. Seuss yang berjudul sama.  

Super Monster 

Apa jadinya ya kalau anak-anak monster sedang persiapan masuk TK? Dalam serial Super Monster diceritakan tentang anak-anak monster usia prasekolah yang sedang berlatih menguasai kekuatan mereka.  

Masih banyak lagi serial dan film untuk anak yang ditayangkan di Netflix. Untuk acuan referensi, Moms bisa lihat ulasan dan arahan bagi orangtua yang dapat dibaca di situs Decider. 

Selain itu Moms juga bisa baca ulasannya di situs IMDB. Namun, tentunya akan lebih baik jika Moms dan pasangan bisa meluangkan waktu untuk menontonnya lebih dulu sebelum menonton bersama anak. Karena setiap keluarga tentu memiliki selera dan preferensi yang berbeda.  Selamat menonton bersama, Moms!

Baca Juga : Trik Mengusir Kesepian si Kecil Selama Pandemi