Di tengah resahnya masyarakat atas serangan virus Covid-19 belakangan ini, tak bisa dipungkiri kita juga terbawa panik atas segala berita di media. Namun, kita tak bisa menunjukkan hal tersebut di depan anak. Ketika anak-anak menonton beragam berita mengerikan di TV atau mendengar orang dewasa mendiskusikannya, ini dapat membuat mereka takut, bingung ,cemas, bahkan stres dan bisa berdampak dalam jangka waktu panjang. Memang benar bahwa mereka juga terancam, namun sebaiknya kita sebagai orang tua mengomunikasikannya secara baik dan tenang.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan orang tua dalam memberikan pengertian tentang wabah virus Covid-19 atau Corona terhadap anak di rumah.

1. Berikan pengertian dan jadi pendengar yang baik

Ajak buah hati untuk mengekspresikan emosinya, bisa dengan membangun percakapan ringan, menulis, menggambar, bernyanyi, atau bermain bersama. Sebagian besar anak ingin menyampaikan kecemasan dan stress mereka, bantu mereka dalam mengeluarkannya dan dengarkan. Sampaikan pada mereka bahwa merasa sedih, kecewa, atau cemas itu normal dan tidak apa-apa. 

2. Ajak melakukan kegiatan positif di rumah

Efek dari penyebaran virus ini, pemerintah mulai menggalakkan social distancing dan meliburkan sekolah-sekolah. Jika sekolah anak Anda salah satu yang menerapkannya, ini waktunya Anda untuk mendampingi seluruh proses pembelajaran anak selama di rumah. Susun jadwal belajar dan bermain anak, buat kegiatan-kegiatan menyenangkan agar si anak tetap betah di rumah.

3. Bangun gaya hidup sehat bersama

Orang tua dapat memberi contoh pada anak gaya hidup sehat untuk mencegah penularan virus dari lingkungan. Kegiatan-kegiatan preventif seperti, cuci tangan yang baik dan benar, makan makanan bergizi, olahraga dan jam tidur yang cukup, dan lain-lain dapat diajarkan kepada anak sehingga kesehatannya tetap terjaga. 

Dari ketiga poin di atas, tentunya anak sangat bergantung dan melihat orang tuanya sebagai panutan, terlebih di kondisi seperti ini. Maka kesehatan, baik mental dan fisik orang tua juga tidak kalah penting. Berikan contoh terbaik untuk buah hati demi kebahagiaan bersama.