Saat musim hujan, tak hanya banjir yang mengintai tapi juga penyakit musiman, yaitu pilek dan flu. Ada lebih dari 200 virus yang dapat menyebabkan pilek atau penyakit yang juga disebut dengan common cold (selesma) ini. Dan anak-anak, terutama balita paling sering terserang flu karena sistem kekebalan tubuhnya masih berkembang. Setidaknya  sebanyak 8 sampai 12 kali dalam setahun, balita terserang flu.

Meski tidak berbahaya, si Kecil bisa jadi tidak nyaman karena sulit bernapas, apalagi bisa disertai demam. Hidung tersumbat, kadang disertai batuk, membuat tidurnya tidak nyenyak dan rewel. Untuk anak di bawah 4 tahun tidak disarankan untuk minum obat flu atau batuk, lebih baik lakukan ini ya Moms: 

Banyak Istirahat dan tidur 

Salah satu cara mengatasi pilek adalah dengan tidur yang cukup. Kurang tidur bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh pada orang dewasa, demikian juga pada anak-anak. 

Baca Juga : Bayi Susah Tidur pada Malam Hari? Coba Cara Ini

Perbanyak cairan 

Berikan air putih, bisa juga air jeruk nipis hangat yang dicampur sedikit madu. Jaga tubuh anak tetap terhidrasi agar tidak menimbulkan mampet pada hidung. 

Makan sup ayam hangat 

Menurut Debra Fulghum Bruce PhD, sup ayam mengandung merica, bawang putih dan bahan-bahan lain yang bisa mengurangi lendir dalam hidung, tenggorokan dan paru-paru penderita pilek. 

Berikan Probiotik 

Probiotik terkandung dalam yogurt atau minuman yang mengandung Lactobacillus. Minuman jenis ini cukup mudah didapatkan di pasar swalayan atau toko kelontong.Probiotik terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh penderita. 

Menghirup uap air 

Menghirup uap air yang mengepul dari air panas dapat melancarkan hidung tersumbat. Caranya, tuangkan air panas dalam mangkuk atau baskom. Dudukkan anak di depan baskom itu, lalu kerudungi ia dengan handuk basah. Lakukan selama 15 menit.

Memberikan madu 

Campurkan ½-1 sendok teh madu dengan air hangat. Bisa juga ditambahkan beberapa tetes perasan jeruk nipis, lalu minumkan. (Jangan berikan madu pada anak di bawah 12 bulan).

Baca Juga : Manfaat Madu untuk Anak

Bawang putih 

Bawang putih juga merupakan antibiotik alami. Namun, bawang putih akan kehilangan khasiatnya ketika dimasak. Karena itu, sebaiknya dikonsumsi dengan cara diminum. Atau, Moms dapat membuat sup bawang putih untuk melawan virus flu yang menyerang si Kecil. 

Jahe 

Manfaat jahe untuk kesehatan memang sudah terkenal dan teruji secara ilmiah. Beberapa irisan jahe mentah yang dimasak dalam air mendidih dapat menjadi pilihan obat flu alami. Rebusan jahe ini membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Penelitian juga menunjukkan bahwa jahe dapat menangkal perasaan mual yang sering menyertai flu. 

Itulah beberapa cara untuk meredakan flu pada anak yang dapat Moms lakukan di rumah. Namun jika flu disertai dengan gejala lain seperti demam dan tidak membaik selama beberapa hari,  Moms bisa membawa si Kecil ke dokter kesayangan untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Baca Juga : Pengobatan Rumah Mengatasi Flu di Musim Hujan