Menciptakan kondisi rumah yang aman, apalagi punya balita yang lagi aktif-aktifnya penting banget bagi saya. Semua sudut rumah, kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu, teras, pokoknya semua tempat yang sering dilalui anak harus saya pastikan aman.

Moms harus mulai memperhatikan potensi bahaya di rumah sebelum mereka belajar merangkak. Untuk mengidentifikasinya mungkin Moms harus ikut merangkak, karena "daerah operasi" si Kecil berbeda dengan kita yang dewasa. Nah, agar kejadian atau kecelakaan tak disengaja tersebut tidak terjadi pada si Kecil, Moms perlu mengajarkan anak untuk mewaspadai benda-benda di rumah. Ya, karena Moms tidak bisa melindungi si Kecil 24 jam tanpa lengah.  Apa saja benda di dalam rumah yang harus diwaspadai si Kecil?

Dapur 

Dapur adalah tempat yang paling banyak benda berbahaya yang harus disingkirkan/ dipindahkan tempatnya agar tidak terjangkau oleh anak. Benda-benda yang harus dijauhkan di tempat ini antara lain: 

Kamar Mandi 

 Selalu simpan benda ini di lemari terkunci yang jauh dari jangkauan anak. 

 Sabun, sampo, dan perlengkapan mandi lainnya harus digunakan anak dalam pantuan Anda ya, Moms. 

 Ini sangat berbahaya ketika anak tergelincir di lantai yang licin. Ajarkan anak untuk bersikap ekstra waspada di kamar mandi ya, Moms. satu lagi lantai kamar mandi pakai yang tidak licin yang model bebatuan gitu jadi agak aman. 

Ruang Keluarga 

Banyak kejadian anak tertimpa TV karena berusaha memanjatnya. Maka ada baiknya jika TV terpasang dengan baik dan kokoh dinding. Pengalaman ponakan penasaran naik ke meja tv akhirnya meja kebalik dan pyuurr tv pecah .

 Rak atau lemari pajangan adalah benda yang menarik untuk balita. Jangan sampai rak ini jatuh menimpa anak. Amankan dengan merekatkannya ke dinding menggunakan baut. 

Ini mungkin kotak paling berbahaya untuk anak. Jauhkan dari jangkauan anak ya, Moms.

Perkakas 

Di rumah pasti ada dong perkakas buat sekedar perbaiki rumah atau untuk memasang pajangan, jauhkan perkakas atau kunci perkakas baik- baik,  karena cukup bahaya dalam perkakas ini ada gergaji,paku,palu,baut dll ya.  Namanya balita apalagi fase oral semua bisa masukkan ke mulut semua. Selain itu pastikan semua alat listrik atau stop kontak jauh dari jangkauan anak,  bila perlu beli penutup kontak listrik. 

Pajangan 

Barang-barang pajangan seperti guci, keramik, untuk sementara simpan dalam gudang karena khawatir ketarik anak dan pecah. 

Selain itu setiap sudut meja pun saya kasih pengaman / solasi hitam agar tidak tajam. Serta pastikan pintu rumah ada pengganjalnya, pasalnya  balita  hobi buka tutup pintu,  takut terjepit. 

Untuk menciptakan rumah aman untuk anak, Moms juga perlu melakukan ini: