Bagi masyarakat Jawa, kaitan weton dan kesesuaian karakter anak sangat lekat. Hal ini berkaitan dengan budaya, keadaan alam, waktu, dan lainnya. Tentu saja setiap anak terlahir dengan karakter masing-masing. Dalam masyarakat, weton akan berpengaruh pada kehidupan anak di masa depan. Baik dari segi finansial, jodoh, pekerjaan, hingga pasangan.

Jika anak Anda lahir di hari Kamis, ada baiknya Anda simak uraian weton dan tipe karakter yang sesuai dengan kondisi sang anak. Budayawan Jawa Prapto PP mengemukakan bahwa orang-orang sesepuh di Jawa bisa melihat seseorang berdasarkan perhitungan weton dari hidupnya hingga pranatanya.

Kaitan weton dan kesesuaian karakter anak juga bisa dilihat berdasarkan waktu kelahiran, lokasi persalinan, dan bisa menentukan nasib sang anak. Tak ada salahnya bila belajar tentang weton ini sebagai sebuah pemahaman baru. Weton bisa dijadikan salah satu rujukan untuk lebih memahami anak yang memiliki kepribadian yang beragam atau berbeda dari anak seumurannya.

  1. Kamis Legi

Karakter anak yang dilahirkan hari Kamis Legi, biasanya cukup keras kepala, mudah tersulut emosinya, dan mudah membantah. Pribadi yang lahir pada Kamis Legi akan lebih kukukh berpendapat bila merasa dirinya benar. Kondisi ini bisa menjadi sebuah hal positif bila memang diarahkan pada sesuatu hal yang tepat. Ada bakat pemimpin yang menonjol bila dibiasakan. Semangat tingginya akan membawa sebuah perubahan baik di sekitarnya.

Anak yang lahir dengan weton Kamis Legi biasanya juga menjadi sosok yang bisa memposisikan dirinya dengan baik. Dirinya akan senang hati membantu orang lain tanpa pamrih, serta sportif dalam kompetisi. Pribadinya mudah marah tapi tidak menaruh dendam dalam hati.

  1. Kamis Kliwon

Jika ditilik berdasarkan primbon Jawa, anak yang lahir pada Kamis Kliwon memiliki karakter buruk yakni pemalas dan mudah tersinggung. Meski demikian, anak yang dilahirkan pada Kamis Kloiwon biasanya memiliki tata krama yang unggul, hormat pada orang yang lebih tua, dan sangat optimis. Tak heran bila banyak orang yang menaruh perhatian kepadanya dan menyenanginya sebagai pribadi.

Kaitan weton dan kesesuaian karakter anak yang lahir di Kamis Kliwon ini juga cukup erat. Pribadinya ambisius dan haru mendapatkan tujuannya dengan cara apapun. Jika diartikan dengan sisi positif, pribadinya sangat senang belajar dan suka dengan hal-hal baru.

  1. Kamis Wage

Berdasarkan hitungan primbon, anak yang lahir pada Kamis Wage cenderung pendiam dan kurang bisa mengekspresikan diri. Meski begitu, anak-anak yang lahir weton Wage di hari Kamis adalah sosok yang baik, berkarakter, penurut, setia, dan bertanggung jawab saat diberikan amanah kepadanya.

  1. Kamis Pahing

Anak-anak yang lahir pada Kamis Pahing biasanya anak yang sabar. Mereka cukup pintar mengelola emosi dan cukup lihai memposisikan diri dengan situasi tertentu. Anggapan yang ada, berdasarkan wetonnya, karakter Kamis Pahing dianggap pembawa rezeki baik untuk kedua orang tuanya. 

  1. Kamis Pon

Jika dipindai dari hitungan Kejawen, anak yang dilahirkan pada Kamis Pon cenderung pintar menyimpan uang. Sisi negatifnya, karakternya sangat perhitungan dan agak pelit. Meski demikian, anak yang lahir pada hari Kamis Pon disinyalir akan memberikan kehidupan perekonomian yang lebih baik untuk keluarganya.

Kaitan weton dan kesesuaian karakter anak yang lahir di hari Kamis di atas belum sepenuhnya benar. Jika dilihat dari primbon kejawen yang beredar di masyarakat, sah-sah saja kepercayaan seperti ini masih dilestarikan. Hal terpenting bahwa sikap dan karakter anak tidak serta merta terbentuk berdasarkan weton saja, melainkan juga pembiasaan baik yang terjadi di dalam lingkup keluarga yang membersamainya.