Di tengah pandemi COVID19 seperti sekarang, mayoritas keluarga lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Apalagi dengan imbauan belajar dari rumah. Pastinya lama-kelamaan anak-anak akan menjadi bosan dengan mainannya. Sementara,  karena situasi ekonomi yang belum stabil karena wabah, belanja mainan anak menjadi prioritas kesekian bagi para Moms. Tapi tidak perlu khawatir, Moms, ada banyak kreasi mainan anak murah meriah yang bisa Moms buat dari bahan di dapur.  Apa saja? Yuk, disimak. 

Beras warna-warni

Bahan: 

Cara membuat: 

Salin beras secukupnya ke dalam plastik. Tuang sedikit demi sedikit pewarna makanan ke dalam plastik. Tutup rapat plastik, lalu ajak anak untuk mengocoknya bersama sampai semua beras berubah warna. Setelah rata, salin ke wadah atau piring, jemur hingga kering. Lanjutkan dengan warna-warna lain. 

Moms juga bisa ajak anak untuk mencampur beberapa warna dan melihat warna apa yang timbul. Setelah kering, beras bisa digunakan sebagai sarana permainan sensoris dan pembelajaran warna. 

Ada banyak variasi permainan yang bisa Moms lakukan dengan beras berwarna ini. Contohnya, Moms bisa menyediakan mangkuk dengan berbagai warna, lalu meminta anak untuk mengisi setiap mangkuk dengan beras berwarna sama. Selain melatih motorik halus, anak sekaligus belajar mencocokkan warna. Seru, bukan? Atau jika anak tidak tertarik, Moms bisa meletakkan beras berwarna-warni ini dalam sebuah kotak atau baskom besar, dan bebaskan anak mengacak-acaknya. Walaupun terlihat sederhana, namun ini melatih sensorik anak lho, Moms. 

Play dough 

Bahan: 

Cara membuat: 

Tuang tepung ke dalam wadah, campur dengan sedikit garam. Aduk rata. Teteskan sedikit pewarna makanan ke dalam wadah berisi air. Campurkan air berwarna tadi ke dalam tepung. Aduk rata hingga didapatkan tekstur yang diinginkan Tambahkan 1 sdt minyak goreng, aduk rata.  Jika konsistensinya terlalu padat, tambahkan air, jika terlalu lembek, tambahkan tepung. Playdough ini bisa bertahan satu minggu dalam wadah tertutup. 

Bermain dengan adonan playdough ini bisa melatih imajinasi anak sekaligus sensoriknya, Moms. Bebaskan anak untuk membuat bentuk apa saja dengan adonannya. Moms bisa pinjamkan cetakan kue milik Moms untuk dipakai anak berkreasi. Moms juga bisa ajak bermain peran sebagai penjual kue dan pembeli. Karena bahan dasarnya adalah bahan makanan, Moms juga tidak perlu khawatir jika tidak sengaja tertelan oleh anak. 

Nah, gimana, bermain dengan bahan yang ada di dapur tetap bisa seru dan mengasyikkan, bukan? Selamat bermain dengan si Kecil, Moms!