Tahukah Moms, apa yang dikonsumsi oleh anak berpengaruh pada kesehatan giginya. Gizi yang seimbang tidak hanya penting untuk mendukung tumbuh kembang balita yang optimal, tapi juga untuk kesehatan giginya. 

Nah, selain rutin menyikat gigi dan kontrol setiap enam bulan sekali ke dokter gigi, Moms juga harus membatasi konsumsi makanan atau minuman yang dapat merusak gigi balita. Apa saja? Mari kita simak bersama ulasannya. 

Permen kunyah 

Rasanya semua Moms juga tahu kalau permen mengandung gula yang akan berubah menjadi asam di dalam mulut dan bisa menyebabkan kerusakan gigi. Namun permen kunyah ini punya potensi merusak yang lebih tinggi karena lengket di gigi dan lebih sulit dibersihkan. 

Roti tawar 

Sebaiknya Moms berpikir dua kali ketika mengambil roti tawar dari rak supermarket. Hal ini karena roti mengandung karbohidrat sederhana yang juga akan berubah menjadi gula dan sifatnya yang lengket ketika bertemu dengan air ludah. Jika ingin membeli roti untuk si Kecil Moms bisa memilih roti dengan karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh, atau roti multigrain.

Minuman berkarbonasi 

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa minuman soda, bukanlah minuman yang bergizi. Tapi tahukah Moms, sebuah penelitian terbaru bahkan menemukan minuman soda punya dampak buruk terhadap gigi yang sama seperti efek kokain dan sabu. Minuman bersoda akan menyebabkan plak dan merusak lapisan gigi, juga meninggalkan noda. 

Buah kering

Buah kering memang bisa menjadi pilihan camilan yang lebih sehat ketimbang makanan proses. Walau begitu, buah kering cenderung lengket dan mengandung gula yang lebih tinggi daripada buah segar. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak dan sering memberikan makanan ini pada si Kecil ya, Moms. Biasakan juga si Kecil untuk berkumur dengan air setelah mengonsumsinya. 

Memberikan si Kecil camilan yang mengandung gula sesekali boleh saja, Moms, asalkan porsinya jauh lebih kecil dibandingkan porsi makanan bergizi seimbangnya. Sebagai catatan, anak-anak dianjurkan tidak mengonsumsi lebih dari 25 gr gula tambahan sehari. Sebab, konsumsi gula yang tinggi bukan hanya merusak gigi balita, tetapi juga kesehatan si Kecil secara umum.

Baca Juga: 3 Kebiasaan yang Merusak Gigi Anak