Air kelapa tidak hanya menyegarkan, Moms, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Moms bisa memberikannya pada si Kecil, sebagai alternatif minuman. 

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui

Air kelapa adalah minuman alami, bergizi, dan menyegarkan. Tak hanya itu, air kelapa juga rendah lemak dan kalori, tetapi kaya mineral, vitamin, dan nutrisi lainnya. 

Nutrisi utama pada air kelapa meliputi zat besi, klorida, kalium, natrium, fosfor, magnesium, asam laurat, dan kalsium. Kandungan kaliumnya bisa dua kali lipat dibandingkan yang terdapat pada pisang. Dalam satu buah air kelapa juga mengandung setidaknya 11 ons air yang dibutuhkan anak.

Nutrisi dalam air kelapa tersebut menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Yuk, simak manfaat air kelapa bagi kesehatan anak berikut:

Menjaga kesehatan kulit

Minum air kelapa dapat melembapkan kulit si Kecil dari dalam, juga menghilangkan minyak berlebih. Air kelapa memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dan antivirus yang membantu menyembuhkan infeksi kulit dengan efektif. Mengonsumsi air kelapa dapat membuat si Kecil memiliki kulit yang bersih dan sehat.

Baca Juga: Manfaat Salad Bagi Kesehatan Kulit, Bisa Haluskan Kulit

Melancarkan pencernaan

Jika si Kecil sering mengalami gangguan pencernaan, mengonsumsi air kelapa dapat membantu meredakannya. Air kelapa mengandung serat dengan konsentrasi tinggi, sehingga mampu melancarkan pencernaan dan menurunkan risiko terjadinya refluks asam.

Mencegah dehidrasi

Air kelapa menghidrasi tubuh anak lebih baik daripada minuman energi lainnya. Hal ini disebabkan oleh air kelapa yang mengandung kalium, natrium, dan gula alami yang tinggi daripada minuman energi. 

Baca Juga: Bila Bayi Terkena Dehidrasi

Mengobati infeksi saluran kemih

Anak-anak lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih daripada orang dewasa. Minum air kelapa membantu meredakan infeksi saluran kemih pada anak karena bersifat diuretik, yaitu mampu membuang garam dan air berlebih dari dalam tubuh melalui urin. Air kelapa yang bernutrisi ini bisa “membuang” infeksi dari kandung kemih dan saluran kemih si Kecil, serta meminimalisasi risiko batu ginjal.

Mengobati cacingan

Cacingan adalah kondisi yang cukup sering dialami anak-anak. Minum air kelapa yang mengandung asam laurat dan kalium merupakan salah satu cara untuk menyembuhkan cacingan pada anak-anak. Kedua kandungan tersebut bersifat diuretik, sehingga dapat membunuh cacing dan bakteri di usus anak. Moms bisa menyediakan segelas air kelapa kepada si kecil tiap pagi. 

Mencegah kram otot

Jika si Kecil kekurangan asupan kalium, tubuhnya rentan mengalami kram otot. Cukupi kebutuhan kaliumnya dengan memberi si Kecil air kelapa yang kaya akan kalium. Usia anak-anak adalah usia di mana biasanya ia aktif secara fisik, minum air kelapa dapat mencegah risiko kram otot saat ia beraktivitas. 

Menambah energi

Air kelapa yang rendah gula ini mengandung natrium, kalsium, klorida, dan kalium dalam jumlah tinggi. Nutrisi yang melimpah ini membantu tubuh si Kecil rehidrasi dan menyegarkan diri. Si Kecil akan merasa kembali energik setelah minum segelas air kelapa.