Berkebun adalah salah satu alternatif kegiatan yang dapat Moms lakukan bersama si Kecil di rumah. Selain menyenangkan karena dapat mengisi waktu luang, berkebun juga dapat memberikan beragam manfaat untuk si Kecil. Karena dengan berkebun, si Kecil akan mendapat stimulus yang baik dalam masa tumbuh kembangnya. Nah, berikut berbagai manfaat berkebun untuk si Kecil : 

-Meningkatkan kemampuan kognitif anak 

Ketika melakukan aktivitas berkebun, anak dapat mengenal beragam jenis tumbuhan, mulai dari pohon, bunga, atau sayur dan buah. Selain menambah perbendaharaan kosa katanya,  pengetahuan si Kecil tentang alam pun akan bertambah. Anak dapat belajar bagaimana pohon tumbuh, apa yang tanaman butuhkan untuk tumbuh, hingga mengenal ekosistem alam. Dengan berkebun, anak juga dapat bermain sekaligus belajar dan mengeksplorasi hal- hal baru mengenai lingkungan dan alam.

 Meningkatkan rasa empati terhadap lingkungan 

Selain meningkatkan pengetahuan anak, berkebun pun dinilai dapat menjadi salah satu aktivitas yang dapat menstimulasi rasa empati anak terhadap lingkungan. Anak yang  mengetahui betul bagaimana proses tumbuhnya tanaman, akan memunculkan rasa tanggung jawab pada dirinya.  Ia akan mengingat jadwal untuk menyiram tanaman, memberikannya pupuk, dan ia akan lebih mencintai lingkungan dan alam. 

Membuat tubuh si kecil lebih sehat 

Berkebun adalah salah satu aktivitas yang menyehatkan. Karena saat berkebun si Kecil akan aktif bergerak menggunakan anggota tubuhnya, seperti tangan juga kaki. Mulai dari aktivitas menggali, berjalan ke sana kemari dan menggunting. Tak hanya menyehatkan fisik saja, berkebun pun bermanfaat untuk menyehatkan mental anak. Karena ketika berkebun,  dimana anak bermain di luar, ia akan merasa lebih bahagia. Sebagai ungkapan kebahagiaan, ia akan  banyak bergerak dan dapat bereksplorasi dengan gembira. Berkebun pun bisa menjadi alternatif pilihan yang paling tepat untuk mengalihkan perhatian anak dari ketagihan gadget atau menonton televisi. 

Meningkatkan bonding si kecil dan orang tua 

Selain bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, berkebun pun memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan bonding si Kecil dan orang tua. Dengan melakukan aktivitas berkebun bersama, setiap anggota keluarga dapat bergotong royong membantu satu sama lain. Berkebun pun dapat menjadi kesempatan yang baik untuk berbagi waktu bersama anggota keluarga, serta membantu anak melatih kemampuan komunikasinya. 

Meningkatkan daya kreatif anak 

Bermain tanah dan berkotor- kotoran akan menstimulasi si Kecil untuk meningkatkan daya kreativitasnya. Karena saat ia menyentuh tanah,  seperti menggali dan menanam, mood baiknya akan meningkat sehingga ia bisa mendapat pengalaman belajar yang lebih baik, serta penurunan rasa cemas, yang akan membantunya untuk berpikir lebih kreatif. 

Nah,  ternyata banyak sekali kan,  Moms manfaat berkebun bagi tumbuh kembang si Kecil. Jadi, tidak ada salahnya menjadikan berkebun sebagai aktivitas rutin harian di rumah. Selain seru dan menyenangkan, berkebun pun bisa membuat anak lebih cerdas, sehat dan tentunya mencintai lingkungan. Selamat berkebun, Moms.