Bagi Moms yang memiliki anak usia sekolah, mungkin seringkali merasa jenuh dengan aktivitas anak yang terasa monoton. Di sisi lain, anak sudah mulai banyak melakukan eksplorasi yang tentunya membutuhkan pendampingan dari orangtua. Tentunya hal ini sungguh menguras waktu dan tenaga Moms, ya. 

Tapi tenang saja Moms. Hal ini dapat disiasati dengan bermain bersama, contohnya dengan bermain board game. Ya, board game menjadi salah satu alternatif permainan keluarga segala usia. Sebut saja ular tangga, monopoli, scrabble dan catur adalah beberapa contoh dari board game. Selain menyenangkan, board game memiliki banyak manfaat bagi perkembangan si Kecil, lho, Moms. Yuk, kita simak apa saja manfaatnya. 

Melatih fokus 

Di era digital seperti sekarang ini, kebanyakan anak senang bermain dengan gawainya, yang tentunya berdampak pada tingkat konsentrasi anak. Semakin sering terpapar media digital, semakin rendah pula konsentrasi anak. Nah, dengan bermain board game, anak akan berinteraksi langsung dalam mengatur strategi yang tentunya melatih fokus anak. Terlebih lagi jika anak bermain dengan keluarga sebagai orang terdekatnya, maka si Kecil akan terus berusaha agar tidak kalah dalam permainan, sehingga ia semakin fokus saat bermain. Pasti seru ya, Moms. 

Pengendalian emosi 

Setiap permainan pasti ada yang menang dan kalah. Biasanya, anak akan cenderung kesal saat ia kalah, dan kegirangan saat menang. Hal tersebut sangatlah wajar bagi anak, tetapi Moms harus tetap kontrol emosi anak. Oleh karena itu, aturan main harus dijelaskan di awal, serta berikan pemahaman mengenai bagaimana sikap kita selama permainan dan juga saat menang dan kalah. Dengan terbiasa menghadapi situasi seperti itu, maka anak akan menjadi pribadi yang sportif dan memiliki pengendalian emosi yang baik. 

Bonding dengan keluarga 

Nah, ini adalah hal terpenting, Moms. Dengan meluangkan waktu sejenak untuk bermain bersama anak, maka aktivitas tersebut akan membuat bonding ke si Kecil menjadi lebih erat. Tingkat kepercayaan anak pada keluarga menjadi meningkat sehingga akan membentuk anak menjadi pribadi yang lebih percaya diri. 

Itu dia manfaat bermain board game bersama si Kecil. Jika Moms dan Dads sedang di rumah, tidak ada salahnya mencoba permainan ini bersama keluarga. Perlu diingat ya, Moms, anak kita akan selalu mengingat setiap momen dalam hidupnya, maka sebisa mungkin kita menciptakan memori yang baik untuk anak. Selamat bermain, Moms.