Moms, apakah Moms sudah membiasakan membacakan dongeng sebelum si Kecil tidur setiap hari? Jika belum, Moms harus segera membiasakannya. Karena selain untuk menghibur dan menambah bonding antara Moms dan si Kecil, membacakan dongeng secara rutin sebelum tidur juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk tumbuh kembangnya di masa mendatang. Lalu, apa saja manfaat membacakan dongeng untuk si Kecil? Ini dia daftarnya : 

 

Meningkatkan kemampuan linguistik anak

Meskipun si Kecil belum bisa memahami arti dari setiap kata-kata, mendongeng dapat merangsang kemampuan si Kecil dalam hal mendengar beragam suara dan intonasi. Saat mendongeng,  si Kecil dapat melihat objek dalam buku, sehingga  ia akan merekam berbagai objek dengan menyerap suara dan bahasa yang digunakan saat bercerita. Ia pun jadi tahu beragam ekspresi dan intonasi, baik itu marah, bahagia, sedih ataupun takut.

 

 Merangsang Imajinasi dan kreativitas anak

Saat si Kecil dibacakan cerita, ia akan melihat gambar yang ada pada buku. Sehingga daya imajinasi dan kreativitasnya akan terangsang. Si Kecil akan berimajinasi membayangkan adegan dari setiap cerita yang dibacakan oleh Moms. Bahkan saat dibacakan cerita yang sama berkali kali, ia akan menyadari adanya pola sebab dan akibat. Tak hanya itu, dengan rutin membacakan dongeng setiap hari,  dipercaya dapat meningkatkan kemampuan kognitif si Kecil, termasuk dalam mempertajam memorinya. 

 

Menumbuhkan minat baca sejak dini 

Karena sedari dini dibacakan buku, maka seiring berjalannya waktu si Kecil akan akrab dengan buku. Ia akan terbiasa dengan buku. Membuka lembaran- lembaran buku pasti akan menyenangkan baginya. Tak hanya itu, ia juga akan menganggap buku sebagai sahabatnya, sehingga minat baca pada diri si Kecil sudah tertanam sejak dini.

 

Meningkatkan kualitas tidur anak 

Dengan rutin membacakan dongeng sebelum tidur, diyakini bisa membantu menjaga kualitas tidur anak. Khususnya jika mendongeng sudah terjadwal secara rutin setiap malam. Sehingga si Kecil akan meyakini jika sudah mendongeng maka waktunya ia untuk tidur. Pola seperti ini akan membuat jam tidur anak terpola dengan baik, dan membantunya mendapatkan pola tidur yang sehat. 

 

Mengenalkan nilai dan budi pekerti yang baik. 

Berbagai macam cerita dongeng bisa Moms bacakan untuk anak, hanya saja Moms perlu jeli memilih mana buku yang pas untuk si Kecil dan yang tidak. Banyak kisah dalam dongeng yang memberikan nilai pengajaran agar si Kecil memiliki nilai dan budi pekerti yang baik, mulai dari nilai kejujuran, rendah hati, empati, adil, bijaksana, kerja keras dan pantang menyerah, serta nilai positif lainnya. Secara tidak langsung anak akan belajar mana sikap yang baik untuk dilakukan dan mana sikap yang buruk dan tidak boleh dilakukan.

Nah, itulah serangkaian manfaat membacakan dongeng sebelum tidur untuk si Kecil. Banyak sekali bukan Moms? Karenanya, yuk luangkan waktu sebentar untuk membacakan dongeng sebelum si Kecil tidur nanti malam.. Selamat mendongeng Moms..